Kamis, 08 Maret 2012

Bada menjadi platform terbesar ketiga di Ukraina, Wave 525 menjadi salah satu yang terlaris


Jaringan ritel Ukraina, "Citrus", telah mengeksplorasi popularitas platform mobile dan beberapa handset dan mempresentasikan hasilnya dalam sebuah infographic yang menarik. Sebagai bahan riset mereka, Citrus menggunakan data sendiri pada penjualan di bulan Desember dan satu tahun terakhir, serta studi tentang periode ini yang telah dilakukan oleh biro riset pasar GFK, angka penjualan online dari Yandex.Market dan para ahli pasar.

Dari grafik kita bisa melihat bahwa hanya 3 platform mobile yang mengalami peningkatan, masing-masing Google Android (46%), Samsung bada (12%) dan Apple iOS (3%). Dari ketiga platform mobile ini, Android adalah satu-satunya yang didukung oleh banyak vendor dengan puluhan model handset yang beredar di pasaran, dimana Samsung menguasai hampir 70% pasar Android di Ukraina, dengan hanya menyisakan 30% sisanya untuk HTC, LG dan Sony Ericsson.

Peningkatan Android, bada dan iOS secara jelas telah mengambil sebagian besar pasar smartphone Ukraina dari Nokia Symbian yang mengalami penurunan drastis dari sebelumnya yang menjadi penguasa pasar dengan penguasaan 72% menjadi tinggal hanya 37%. Jika tren ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin bada dan iOS akan menggusur Nokia dimasa yang akan datang, dengan kesempatan terbesar ada pada platform bada.

Sementara untuk smartphone terlaris dan paling diinginkan oleh konsumen, Samsung Wave 525 termasuk di dalamnya.

Sebelumnya, peneliti pasar Gfk juga telah menyebutkan bahwa ponsel dan smartphone Samsung telah mengambil tempat pertama dalam hal penjualan dan pengiriman di pasar Rusia pada bulan November 2011. Berdasarkan jumlah pengiriman, smartphone Samsung mengambil pangsa pasar terbesar dengan 41 persen pada bulan November, lebih tinggi dengan prosentase sepuluh poin dari milik Nokia (31 persen) yang menduduki peringkat kedua di pasar telepon seluler Rusia. Seri smartphone Samsung Wave juga telah banyak menyumbang pertumbuhan penjualan Samsung di pasar Rusia, dimana pangsa pasarnya dilaporkan tiga kali lebih tinggi dari Apple iPhone.


Sedangkan untuk peringkat penjualan smartphone bada di seluruh dunia selama 2010-2011, Rusia menduduki peringkat keempat setelah Prancis, China dan Jerman.


1 komentar:

Iskandar d'Masterpiece mengatakan...

Bada di Indonesia juga bisa sepopuler di France jika Samsung gencar mempropagandakan bahwa HP berplatform Bada adalah HP yang irit daya. Sejauh ini kan keluhan dari pengguna Android yang paling utama adalah tentang daya battery yang cepat habis.

Selain itu buat paket harga full access internet yang kompetitif dengan seluruh operator seluler di Indonesia, tentunya paket tersebut harus lebih murah dari platform Android. Yakinlah, jika dua hal ini serius dilakukan oleh Samsung maka pengguna Android akan pindah ke Bada.

Strategi berikutnya adalah segerakan HP Samsung Wave 3 diluncurkan di Indonesia.

Terimakasih.

Poskan Komentar