Selasa, 06 Maret 2012

Aplikasi resmi foursquare dirilis untuk smartphone bada, berbagi lokasi kini lebih menyenangkan


Hari ini foursquare secara resmi merilis aplikasi resminya untuk smartphone bada, dan bisa diunduh secara gratis dari Samsung Apps. Ketahui dimana teman Anda dan cari tahu kemana saja mereka selama ini - itulah layanan dasar dari Foursquare. Bagi banyak orang, layanan berbasis lokasi memungkinkan mereka untuk mengetahui tempat-tempat yang dikunjungi oleh teman-teman mereka dan saling berbagi pengalaman mengenai tempat-tempat itu.

Foursquare adalah sebuah situs web jejaring sosial berbasis lokasi untuk perangkat mobile, yang salah satunya adalah smartphone. Pengguna "check-in" di berbagai tempat melalui situs web mobile, pesan teks atau aplikasi tertentu dengan menjalankannya dan memilihnya dari daftar tempat terdekat yang dilac`k oleh aplikasi tersebut. Penanda tempat atau lokasi berdasarkan hardware GPS yang ada di perangkat mobile atau lokasi jaringan yang disediakan melalui aplikasi.

Setiap check-in memberi pengguna poin dan "badge" (lencana). Pengguna bisa mendapatkan poin saat pertama kali check-in atau menambah suatu tempat baru di dalam situs web Foursquare. Foursquare juga menampilkan sebuah list di situs web nya agar kita bisa melihat siapakah dari pengguna situs ini yang sudah mendapatkan poin tertinggi dalam “Leaderboard”.

Layanan foursquare dibuat tahun 2009 oleh Dennis Crowley dan Naveen Selvadurai. Crowley sebelumnya telah mendirikan proyek sejenis bernama Dodgeball sebagai proyek tesis kelulusannya pada jurusan Interactive Telecommunications Program (ITP) di New York University. Google membeli Dodgeball pada 2005 dan membubarkannya pada 2009, kemudian digantikan oleh Google Latitude. Interaksi pengguna Dodgeball didasarkan pada teknologi SMS, bukan aplikasi.

Foursquare adalah keluaran kedua dengan ide yang sama bahwa orang-orang dapat menggunakan perangkat mobile mereka untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Pada Juni 2011, perusahaan ini memiliki 10 juta pengguna terdaftar. Hingga September 2011, foursquare sudah mendukung bahasa Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Jepang, Indonesia, Korea, Portugis, Rusia dan Thailand.


Versi bada dari foursquare ini sangat mirip dengan versi di handset dan platform lain. Aplikasi ini tentu akan memudahkan untuk berbagi lokasi, foto dan informasi lainnya dengan teman dan keluarga. Adanya rekomendasi yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan keinginan berdasarkan apa yang teman suka, bersama dengan berbagai tips dari para ahli lokal dan berbagai fitur khas foursquare akan memudahkan Anda untuk memilih tempat-tempat favorit yang ingin dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar