Sabtu, 21 Januari 2012

Samsung investasi puluhan triliun untuk chip mobile dan kompleks R&D baru di tahun 2012

Kompleks Samsung R&D Center Tower dengan ketinggian 187 meter yang berlokasi di Suwon, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan.

Reuters melaporkan bahwa Samsung Group berencana untuk berinvestasi 7,5 triliun won atau sekitar 59 triliun rupiah untuk teknologi chip pada smartphone dan tablet chip di tahun 2012 sebagai bagian dari investasi 47,8 triliun won. Investasi dalam chip mobile - yang meliputi sensor dan prosesor yang ditemukan dalam perangkat mobile - akan lebih tinggi sekitar 1 triliun won daripada yang dihabiskan pada chip memori, sehingga ini untuk pertama kalinya prosesor mobile menerima investasi yang lebih besar.

Samsung selama ini telah dikenal selalu membuat investasi yang signifikan ke dalam teknologi yang lebih maju dari pesaingnya, yang telah diterjemahkan ke dalam keberhasilan dengan chip flash, chip memori komputer dan LCD l`yar datar. Dalam investasi terbaru ini juga diumumkan akan mencakup besaran 7 triliun won untuk teknologi layar OLED.

Seperti halnya investasi di fasilitas manufaktur, R&D, merger dan akuisisi, Samsung juga akan berinvestasi dalam penambahan staf baru. Samsung mengatakan akan merekrut 26.000 karyawan baru di tahun 2012, naik sedikit dari penambahan 25.000 karyawan baru pada tahun 2011. Samsung saat ini mempekerjakan total 350.000 orang karyawan.

Untuk lebih mengamankan daya saing di era konvergensi teknologi, Samsung Group juga akan membangun sebuah kompleks penelitian yang mengintegrasikan kapabilitas dari R&D dari lima afiliasi yang akan mengkhususkan diri dalam material elektronik.

Samsung Group kemarin (20/1) mengumumkan pembentukan kompleks R&D untuk material elektronik, untuk bergabung dengan Samsung Electronics, Samsung SDI, Cheil Industries, Samsung Fine Chemical dan Samsung Corning Precision Materials. Fasilitas ini akan didirikan pada pusat R&D Samsung Electronics di Suwon, Provinsi Gyeonggi yang selama ini banyak yang tidak terpakai. Berapa banyak afiliasi masing-masing chip dalam kompleks akan diumumkan kemudian.

Selama ini Samsung Electronics telah terfokus pada elektronik; Samsung SDI pada energi dan baterai sekunder; Samsung Corning Precision Materials pada kaca, serta Cheil Industries dan Samsung Fine Chemical pada bahan kimia. Dengan memfokuskan kemampuan dari masing-masing afiliasi R&D, Samsung Group berharap akan bisa memaksimalkan efek sinergis untuk menghasilkan suatu perangkat mutakhir berbasis hardware dan software buatan sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar