Minggu, 09 Oktober 2011

Rayakan Hangeul Day 2011 bersama Smartphone bada


Hangeul Day (한글날) adalah hari peringatan nasional di Korea yang menandai penemuan Hangeul (한글), alfabet asli dari bahasa Korea yang diciptakan oleh Raja Sejong yang memerintah di tahun 1418-1450. Menurut sejarah Korea hari ini, 9 Oktober, adalah hari ketika Raja Sejong menyatakan 훈민 정음 (Hunmin Jeongeum), dokumen yang berisi sistem tulisan (semacam alfabet) untuk Korea.

Sebelum adanya Hangeul, karakter China yang disebut "Hanja" telah digunakan dalam penulisan. Namun, Hanja itu sulit untuk dipelajari terutama bagi orang-orang dari status sosial yang lebih rendah dengan sedikit atau tanpa akses yang memadai dalam pendidikan karena kebanyakan karakter yang unik. Hal ini menyebabkan buta huruf yang meluas di Korea waktu itu. Dalam rangka menyelesaikan masalah ini, Raja Sejong mulai mengembangkan sistem penulisan baru yang metodis dan logis, yang mana ada beberapa alasan logis di balik setiap goresan karakter. Penemuan Hangeul terbukti telah mengurangi tingkat buta huruf di Korea. Dan saat ini, Hangeul telah dianggap sebagai alfabet paling sistematis di dunia.

Han (한) dalam kata Sino-Korea bisa dipahami sebagai “Korea” (韩), sementara Geul (글) adalah kata asli Korea untuk "script", sehingga nama Hangeul dapat diartikan sebagai "script Korea". Alfabet Hangul terdiri dari 24 huruf, masing-masing 14 huruf mati (konsonan) dan 10 huruf hidup (vokal). Cara penulisan Hangul dilakukan setelah menggabungkan huruf vokal dan konsonan untuk membentuk satu suku-kata seperti bahasa asing lainnya, dan dituliskan dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah.


Buat Anda yang tertarik dengan Hangeul dan ingin mengetahui atau mempelajarinya, di Samsung Apps ada beberapa aplikasi menarik sebagai teman belajar Anda. Beberapa aplikasi ini dikhususkan untuk smartphone bada dan sangat cocok buat Anda yang ingin merayakan Hangeul Day hari ini.


Write Hangul

Write Hangul sendiri sebenarnya adalah aplikasi sederhana untuk membantu anak-anak kecil untuk belajar bahasa Korea (Hangul). Aplikasi ini akan menunjukkan kepada mereka cara menggambar karakter Hangul dan bagaimana mengucapkannya. Bagi Anda yang pemula, aplikasi ini tentu juga akan bisa membantu ketika akan belajar ke tingkat yang lebih tinggi.



Let's Learn Korean with KBS

Let’s Learn Korean with KBS adalah aplikasi pecakapan bahasa Korea multilingual pertama yang dihadirkan untuk perangkat mobile. Aplikasi ini awalnya ditujukan buat warga asing dan keluarga multikultural yang tinggal di Korea, serta imigran Korea di seluruh dunia. Aplikasi ini dirancang terutama untuk pemula dan mereka yang berada di tingkat menengah.

Let’s Learn Korean with KBS terdiri dari 20 pelajaran yang memperkenalkan situasi berbeda yang terjadi di bandara, hotel, restoran, rumah sakit, department store dan tempat wisata populer di Korea. Aplikasi ini juga memberikan contoh dialog sehari-hari yang sering diucapkan oleh turis dan penduduk setempat. Jadi bagi Anda yang berencana bepergian ke Korea bisa mengasah kemampuan berbicara dulu lewat aplikasi ini.

Setiap pelajaran sudah termasuk praktek kosakata serta bagian yang memperkenalkan budaya dan gaya hidup di Korea. Dengan rekaman audio yang menyertainya (sembilan bahasa), bagi mereka yang belajar bahasa Korea dapat berlatih secara berulang-ulang untuk setiap kata atau kalimat.
Aplikasi ini sangat berguna bagi mereka yang mencoba untuk belajar Korea secara otodidak karena adanya tutorial yang lengkap, serta sudah mendukung bahasa Indonesia.


KoreanName

Mungkin suatu ketika Anda pernah menginginkan untuk memiliki nama Korea disamping nama Anda yang sebenarnya. Nah, aplikasi yang dibuat oleh pengembang Insu Kim ini berusaha untuk mewujudkan hal itu. Jadi jika menginginkannya, Anda dapat mengubah nama latin atau Inggris Anda (Abjad Bahasa Inggris - tanda fonetik) menjadi sebuah nama Korea dengan sangat mudah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar