Jumat, 14 Oktober 2011

Platform bada versi berikutnya akan didukung teknologi voice-recognition


Samsung Electronics saat ini sedang bekerja pada pengembangan versi berikutnya dari platform mobile bada untuk smartphone. Salah seorang eksekutif Samsung mengatakan bahwa mereka ingin menjadikan bada sebagai alternatif software terbaik untuk Google Android.

"[Platform] Ini harus terus berkembang," kata Lee Soo Ho, kepala dari Samsung Mobile Solutions Center, dalam sebuah wawancara kemarin di World Knowledge Forum di Seoul yang dikutip oleh Businessweek. "Kami melakukan banyak hal untuk menyediakan yang lebih baik bagi pengguna ponsel berbasis bada."

Samsung sangat serius dalam pengembangan software bada setelah beberapa produk Android mereka terkena imbas dalam sengketa perang paten dengan Apple sehingga tidak bisa dijual di beberapa negara Eropa dan Australia. Selain itu pembelian Motorola Mobility oleh Google juga dikhawatirkan dapat mengurangi ketergantungan pemilik Android itu pada pemasok hardware lainnya, termasuk Samsung. Samsung saat ini telah memiliki keuntungan dari popularitas Android sehingga menjadi perusahaan terdepan yang bersaing untuk menantang Apple di pasar smartphone.

Versi terbaru dari bada 2.0 yang diresmikan pada bulan Februari kemarin, memiliki dukungan mobile-payment, Wi-Fi Direct, Web App dan fitur baru lainnya. Lee mengatakan bahwa perusahaannya belum memutuskan kapan akan memperkenalkan versi terbaru dari bada berikutnya atau berapa banyak software akan berubah.

Samsung juga mengembangkan teknologi pengenalan suara (voice-recognition) yang dapat digunakan untuk fitur yang mirip dengan layanan terbaru Siri milik Apple, kata Lee. Siri, yang termasuk dalam fitur unggulan Apple iPhone 4S terbaru, memungkinkan pengguna meminta update cuaca, membuat janji pada kalender atau mengirim pesan dengan suara.


Saat ini dua fitur dari teknologi voice-recognition, yaitu STT (Speech-to-text) dan TTS (Text-to-Speech) sudah ada di versi terbaru bada 2.0, tapi kita mungkin akan melihat penyempurnaannya di versi berikutnya dari platform bada.


1 komentar:

ciacho mengatakan...

when you update your system, this version is useless and has a lot of bugs

Poskan Komentar