Sabtu, 23 Juli 2011

Pengguna Smart TV dari Samsung lebih cerdas dibandingkan LG


Dengan Samsung dan LG Electronics kini lebih berfokus pada Smart TV dan TV 3D sebagai produk generasi mendatang andalan mereka, telah ditemukan bahwa preferensi konsumen mereka untuk aplikasi juga cukup berbeda. Dari hal ini kita bisa melihat sejauh mana pencapaian yang berhasil diterapkan oleh kedua produsen ini untuk segmen Smart TV.

Mayoritas pengguna Samsung Smart TV di seluruh dunia telah memilih aplikasi YouTube sebagai favorit mereka, diikuti oleh Google Maps dan AccuWeather. Dalam daftar 10 aplikasi paling banyak diunduh juga termasuk USA Today dan Facebook. Di Korea, aplikasi pencarian peta menjadi pilihan teratas untuk pengguna Samsung Smart TV. Juga yang sangat populer dikalangan pengguna Smart TV Korea adalah aplikasi game Dynamic Bowling, Yoga Helper, Twitter, Facebook, dll. Sementara itu, Explore 3D menduduki peringkat 9 baik untuk daftar terlaris secara domestik maupun global. Aplikasi ini merupakan alat untuk membantu pengguna menonton berbagai konten 3D pada Samsung Smart TV. Jika dibuat prosentase, game menduduki peringkat pertama dengan 24%, diikuti aplikasi pendidikan dengan 23% dan aplikasi informasi dengan 20%.

Sementara itu, aplikasi yang paling dicari untuk mereka yang menggunakan TV 3D buatan LG Electronics lebih banyak berkaitan dengan konten video daripada tentang informasi yang bermanfaat. 3D Zone, yang mirip dengan Explore 3D dari Samsung Smart TV, adalah yang paling favorit buat konsumen di Korea. Di pasar Amerika, TV Guide memuncaki daftar aplikasi paling banyak diunduh dengan aplikasi-aplikasi dari Warner Bros dan Homecast menyusul dibelakangnya. Dan sebaliknya, aplikasi jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter gagal sama sekali untuk menempati posisi 10 besar baik di Korea maupun Amerika Serikat.

"Samsung Electronics lebih terkonsentrasi pada produk TV yang pintar dan cerdas sementara LG menempatkan upayanya yang lebih dalam fitur 3D," kata seorang ahli dari industri ini, seraya menambahkan, "Tampaknya bahwa perbedaan ini juga telah memberikan pengaruh dalam jenis aplikasi favorit konsumen."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar