Rabu, 29 Juni 2011

Mengenal budaya Korea lewat Smartphone bada


Korean Wave atau Hallyu (한류) adalah istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia. Umumnya Hallyu memicu banyak orang-orang di negara tersebut untuk mempelajari Bahasa Korea dan kebudayaan Korea. Sebagai satu-satunya platform smartphone yang berasal dari Asia, atau khususnya Korea, Samsung melalui bada mencoba membawa semangat ini dalam setiap kesempatan untuk memperkenalkan seri smartphone Wave buatannya kepada dunia. Samsung lewat toko aplikasi Samsung Apps telah menyediakan serangkaian aplikasi khusus untuk mendekatkan penggunanya tidak hanya kepada smartphone Wave miliknya, tapi juga budaya Korean Wave bagi mereka yang menyukainya.

Berikut ini beberapa aplikasi yang ada di Samsung Apps yang berguna bagi Anda yang ingin mempelajari budaya Korea:


Write Hangul

Hangul/Hangeul (한글) adalah alfabet yang digunakan untuk menulis Bahasa Korea. Han (한) dalam kata Sino-Korea bisa dipahami sebagai “Korea” (韩), sementara Geul (글) adalah kata asli Korea untuk "script", sehingga nama Hangeul dapat diartikan sebagai "script Korea". Alfabet Hangul terdiri dari 24 huruf, masing-masing 14 huruf mati (konsonan) dan 10 huruf hidup (vokal). Cara penulisan Hangul dilakukan setelah menggabungkan huruf vokal dan konsonan untuk membentuk satu suku-kata seperti bahasa asing lainnya, dan dituliskan dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah.

Write Hangul sendiri sebenarnya adalah aplikasi sederhana untuk membantu anak-anak kecil untuk belajar bahasa Korea (Hangul). Aplikasi ini akan menunjukkan kepada mereka cara menggambar karakter Hangul dan bagaimana mengucapkannya. Bagi Anda yang pemula, aplikasi ini tentu juga akan bisa membantu ketika akan belajar ke tingkat yang lebih tinggi.


Let's Learn Korean with KBS

Let’s Learn Korean with KBS adalah aplikasi pecakapan bahasa Korea multilingual pertama yang dihadirkan untuk perangkat mobile. Aplikasi ini awalnya ditujukan buat warga asing dan keluarga multikultural yang tinggal di Korea, serta imigran Korea di seluruh dunia. Aplikasi ini dirancang terutama untuk pemula dan mereka yang berada di tingkat menengah.

Let’s Learn Korean with KBS terdiri dari 20 pelajaran yang memperkenalkan situasi berbeda yang terjadi di bandara, hotel, restoran, rumah sakit, department store dan tempat wisata populer di Korea. Aplikasi ini juga memberikan contoh dialog sehari-hari yang sering diucapkan oleh turis dan penduduk setempat. Jadi bagi Anda yang berencana bepergian ke Korea bisa mengasah kemampuan berbicara dulu lewat aplikasi ini.

Setiap pelajaran sudah termasuk praktek kosakata serta bagian yang memperkenalkan budaya dan gaya hidup di Korea. Dengan rekaman audio yang menyertainya (sembilan bahasa), bagi mereka yang belajar bahasa Korea dapat berlatih secara berulang-ulang untuk setiap kata atau kalimat.
Aplikasi ini sangat berguna bagi mereka yang mencoba untuk belajar Korea secara otodidak karena adanya tutorial yang lengkap, serta sudah mendukung bahasa Indonesia.


SPB Korean Cards

Aplikasi ini berisi kartu flash tradisional untuk belajar bahasa Korea yang telah disesuaikan dengan teknologi smartphone terbaru seperti foto, “dubbing” penutur asli, visualisasi kemajuan belajar, algoritma adaptif yang cerdas, dan statistik yang terperinci. SPB Korean Cards akan membantu Anda untuk melewatkan tahap menerjemahkan kata ke dalam bahasa yang Anda mengerti terlebih dahulu seperti layaknya pelajaran bahasa lainnya, namun sebagai gantinya lebih ke sistem mengingat secara langsung dari subjek dan kata asing yang dituju. Bagi Anda yang ingin belajar bahasa Korea dengan metode yang atraktif dan tidak menjemukan bisa mencoba aplikasi ini.


KBS World Radio

KBS World Radio adalah aplikasi radio siaran internasional dari Korea Selatan yang menyediakan berbagai program dan berita yang akurat dan up-to-date dalam 11 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Aplikasi ini terbagi dalam 5 segmen informasi yang berbeda, yaitu Radio, Podcasts, News, Korea dan About us (KBS).

Di segmen radio, Anda bisa mendengarkan siaran radio streaming secara real-time pada dua saluran yang berbeda: PROGRAMS dan MUSIC, dalam 11 bahasa. PROGRAMS didekasikan untuk memberikan berbagai informasi terbaru tentang Korea, sedangkan MUSIC menyediakan informasi mingguan untuk K-pop dan pemilihan lagu terbaru yang lagi hot disana.

Untuk segmen Podcast, Anda dapat mengunduh program favorit Anda pada smartphone Anda untuk bisa didengarkan kembali kapanpun dan dimanapun Anda inginkan. Podcast kini tersedia dalam 10 bahasa yang berbeda

Di segmen News, Anda bisa mengetahui segala berita yang berhubungan dengan Korea secara akurat, aktual dan berimbang, dalam 11 bahasa. Sedangkan di segmen Korea, Anda bisa menemukan banyak informasi dan pengetahuan tentang budaya Korea, orang-orang yang tinggal disana, bahasa, sejarah, pariwisata dan MRE.


KoreanName

Mungkin suatu ketika Anda pernah menginginkan untuk memiliki nama Korea disamping nama Anda yang sebenarnya. Nah, aplikasi yang dibuat oleh pengembang Insu Kim ini berusaha untuk mewujudkan hal itu. Jadi jika menginginkannya, Anda dapat mengubah nama latin atau Inggris Anda (Abjad Bahasa Inggris - tanda fonetik) menjadi sebuah nama Korea dengan sangat mudah.


RFood

Jika Anda adalah penggemar serial drama Korea pasti pernah menonton Jewel in The Palace atau Dae Jang Geum (대장금), yang menceritakan dokter kerajaan perempuan pertama dari Dinasti Joseon di Korea yang diperankan dengan bagus oleh Lee Young-ae. Selain menyajikan plot kisah yang menarik, Dae Janggeum juga sering mengetengahkan adegan memasak masakan istana sehingga banyak orang yang kemudian tertarik untuk pergi ke restoran Korea setelah selesai menonton filmnya.

Kini bagi Anda pengguna smartphone bada tidak perlu repot lagi keluar rumah untuk mencari restoran yang menyediakan masakan Korea, karena Anda bisa mencoba memasaknya sendiri di rumah. Rfood adalah aplikasi resep masakan Korea yang disajikan dengan sederhana, menarik dan mudah dipahami. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fungsi pencarian sehingga Anda bisa menemukan resep yang tepat sesuai dengan bahan-bahan yang Anda miliki sekarang.


Top 100 KPOP Songs

Top 100 KPOP Songs adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk memutar 100 lagu KPOP terbaik dalam playlist yang akan terus diperbarui. Aplikasi ini secara terus menerus telah memilih deretan lagu Kpop terbaik dan terbaru. Playlist akan terus diperbarui secara langsung dari server tanpa persyaratan untuk memperbarui aplikasi. Dalam Playlist sudah termasuk lagu Kpop terlaris saat ini dan juga beberapa lagu Kpop terlaris sepanjang masa.

Aplikasi ini juga memberikan Anda akses cepat ke deretan lagu terbaru serta kemampuan untuk memilih lagu favorit yang Anda inginkan untuk dimasukkan dalam playlist. Tidak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan lagu kesayangan Anda, aplikasi ini juga memiliki koleksi video yang terus diperbarui dari YouTube untuk Anda yang ingin juga menonton video musiknya dan memasukkannya dalam playlist.


girls' generation(소녀시대)

Ini adalah aplikasi resmi Girls’ Generation atau SNSD untuk smartphone bada. Anda bisa menikmati foto, musik dan video terbaru yang mengetengahkan aksi dari Yoona, Tiffany, Yuri, Hyoyeon, Sooyoung, Seohyun, Taeyeon, Jessica, dan Sunny. Aplikasi berbahasa Inggris dan Korea ini juga menjadi salah satu media interaksi antara S♡NE dan grup kesayangan mereka, karena mereka juga bisa menulis dan memberi dukungan untuk Girls’ Generation.
.

6 komentar:

Danny Sihombing mengatakan...

Wah keren banget nih aplikasinya, bisa banyak belajar tentang budaya dan bahasa Korea yaa… pengen deh bisa ke Korea langsung, semoga aja saya menang lomba My Korea Winter Story di fanpage Korean Tourism Organization (Indonesia), biar bisa ke Korea langsung. hehehe…
Mampir ya ke blog saya cantikalayanti.blogspot.com dan follow balik gan, makasih :)

Rohma Nur Azmi mengatakan...

wah,, bisa download dimana yaa??

vp mengatakan...

apk ini bisa di download dmna ya? ^^

katrinWoo mengatakan...

ini bisa di download enggak ya?? makasihh... ^___^

Lee Min-ho mengatakan...

Aplikasi ini bisa didownload di Samsung Apps untuk pengguna smartphone bada, bukan Android :)

katrinWoo mengatakan...

kalo dari notebook/laptop bisa engga?????????? :)

Posting Komentar