Senin, 16 Mei 2011

Pertumbuhan Cepat Smartphone bada di Eropa


Angka-angka terbaru dari pangsa pasar untuk sistem operasi smartphone (OS), dari Kantar Worldpanel ComTech, memberi sorotan utama untuk platform lama yang sudah matang seperti Android, Apple (iOS) dan BlackBerry, sementara platform baru bada telah mendapatkan traksi yang nyata di seluruh Eropa. Platform asli buatan Samsung ini memiliki pangsa pasar 8,8% di Prancis, 7,8% di Jerman, 3,3% di Italia dan 1,3% di Inggris. Perhitungan yang telah dipublikasikan hari ini adalah selama 12 minggu yang berakhir 17 April 2011.

Platform bada untuk smartphone pertama kali dirilis pada Samsung Wave (GT-S8500) pada bulan Juni 2010, dan berhasil terjual lebih dari satu juta unit dalam empat minggu penjualan pertamanya. Angka ini memang sangat rendah jika dibandingkan dengan penjualan handset Android atau iOS saat ini, tetapi bila sama-sama dibandingkan dengan dulu waktu Android pertama muncul maka bada jelas jauh lebih unggul, apalagi bada tidak didukung multi-vendor. Dan yang lebih penting bada saat ini sudah bisa mengalahkan pemain lama seperti Windows Mobile/Windows Phone yang hanya bisa mencapai pangsa pasar masing-masing 1,5% di Prancis dan 5,4% di Jerman.

Dominic Sunnebo, Consumer Insight Director - Global, Kantar Worldpanel ComTech menjelaskan: "Pertumbuhan bada yang sangat cepat adalah berita besar bagi Samsung. Percepatan volume penjualan ini telah menghapus ketergantungan pada OS yang dikembangkan di luar kontrol produsen. Sebagai contoh, misalnya di Perancis handset Android hanya menempati 57% dari keseluruhan smartphone yang ditawarkan oleh Samsung, dibandingkan dengan 84% untuk LG dan 91% untuk Sony Ericsson.”

“Bada telah memungkinkan Samsung untuk menawarkan alternatif yang kuat untuk Android dan bersaing secara efektif di pasar Smartphone. Sebagai contoh, 90% dari pemilik perangkat bada di Prancis sebelumnya adalah pemilik perangkat non-smartphone.”

Di Perancis, handset bada dijual dengan harga rata-rata €47 berbanding dengan €163 untuk perangkat iOS atau €71 untuk Android, dan bada adalah OS yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah browsing internet dan menginstal aplikasi asli. Berdasarkan data penggunaan data dari Kantar Worldpanel ComTech menunjukkan bahwa di Inggris 63% pengguna bada sedang berselancar internet dan 60% mengunduh/menggunakan aplikasi, dan proporsi ini jauh lebih tinggi daripada rata-rata pemilik ponsel non-smartphone.

Dominic menyimpulkan: "Pasar untuk OS tetap dinamis, dengan Android di Inggris mengalami peningkatan 36,3% pangsa pasar, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Namun sudah ada tanda-tanda pertumbuhan pasar Android mulai melambat di beberapa negara.".

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar