Laman

Jumat, 27 Mei 2011

N.O.V.A - Near Orbit Vanguard Alliance, Unit Elit Pembasmi Alien


Dalam game bergenre FPS (first person shooter) ini, Anda bermain sebagai Karl Wardin, tokoh utama dari pasukan elit militer, Near Orbit Vanguard Alliance, alias N.O.V.A, yang didirikan untuk melindungi umat manusia dari ancaman kekuatan asing. Sekarang Anda dipanggil kembali dari pensiun untuk menyelidiki beberapa aktivitas asing yang aneh dalam setting masa depan di mana bumi telah habis sumber daya alamnya dan tidak lagi bisa menopang kehidupan makhluknya, sehingga memaksa umat manusia untuk hidup di koloni yang mengorbit di dekatnya. Semua pilihan senjata sudah ditangan Anda, dan kini saatnya untuk berpikir cepat menghadapi semua tantangan dan musuh sekaligus yang dibalut dengan kisah futuristik yang menegangkan.


Pertama, mari kita mulai dengan mode campaign. Sebagai Karl Wardin, Anda telah dipanggil kembali untuk menghadapi pasukan alien dan menyelamatkan planet ini. Anda memiliki pilihan senjata seperti senapan serbu, pistol, pistol plasma, shotgun, peluncur roket, dan senapan penembak jitu (sniper). Ada juga granat untuk digunakan dalam situasi darurat. Sebuah fitur menarik adalah kemampuan untuk melumpuhkan musuh, namun itu akan memakan perisai Anda, tapi jangan khawatir perisai ini akan terisi ulang setelah melalui waktu tertentu. Amunisi yang tersedia bisa didapatkan dari yang dijatuhkan oleh musuh, atau berada di peti yang harus Anda buka dulu. Ada peti yang mudah dibuka ada juga yang mengandung teka-teki yang harus dipecahkan terlebih dulu.

Di level pertama Anda akan berkeliling di ruangan pesawat sambil dibimbing oleh berbagai karakter yang berkomunikasi melalui radio. Sebuah panah akan memandu Anda dari tujuan satu ke tujuan yang lain, dan keseluruhan dari gameplay memang untuk mengikuti panah ini, sambil membunuh obyek apapun yang bergerak, dan berbalik arah untuk mengaktifkan atau membuka obyek dan area yang berbeda. Saat Anda berada di luar pesawat usahakan untuk menghindari Asteroid yang masuk.

Akhirnya setelah memperbaiki beberapa bagian dari kapal dan membunuh alien dalam jumlah besar, Anda akan membuat jalan ke jembatan untuk memulai perusakan dan penghancuran untuk kemudian melarikan diri kembali ke kapal Anda. Anda kemudian terbang ke sebuah planet yang memiliki hutan lebat yang indah walaupun situasinya sama saja, sudah dipenuhi oleh alien. Plot berikutnya juga akan sama, Anda akan diberitahu kemana harus pergi dan apa yang harus dilakukan. Karakter-karakter yang berbeda akan memberi petunjuk kepada Anda di 13 level yang berbeda dan terjadi di 5 lingkungan yang sangat berbeda, dari dunia nyata ke hutan fantasi, pegunungan salju, pesawat luar angkasa, bunker, dan sebuah kota alien.


Hidup Anda akan diukur dengan penanda meter perisai yang ada di bagian atas layar yang akan perlahan habis saat Anda mengalami kerusakan dan akan kembali secara perlahan sesudahnya. Meter perisai Anda ini juga berfungsi sebagai pasokan oksigen ketika Anda dalam ruang angkasa yang hampa udara. Anda juga akan memiliki kemampuan super seperti kemampuan untuk melumpuhkan musuh, menembak dengan energi yang telah tersimpan atau bahkan bisa berlari dengan sangat cepat dengan menggunakan speed boot.


Mirip dengan game bergenre FPS lainnya, skema kontrol N.O.V.A menggunakan virtual D-Pad dan tombol untuk menembak. Untuk menggeser kamera di sekitar Anda cukup dengan menekan dan mengggeser di sepanjang layar, sangat mudah semudah menekan tombol reload. Untuk mengganti senjata Anda cukup menggesek ikon senjata. Anda juga dapat mengontrol zoom pada mode sniper (menembak jitu). Jika layout tombol virtual ini tidak nyaman buat Anda, ada 2 pilihan lain untuk dipilih. Bahkan Anda juga menyesuaikan dimana tombol akan ditempatkan, dan Anda dapat memindahkan tombol-tombol ini hampir di mana saja. Ide yang bagus dari Gameloft karena saya belum pernah melihat game lain yang menawarkan kemampuan ini.


Kinerja dari game ini bisa dibilang cukup fenomenal di smartphone bada, apalagi kini dirilis ulang dengan berdasarkan bada SDK 1.2 yang memang sudah mendukung akselerasi dari GPU (Graphic Processing Unit) PowerVR. Dengan waktu loading yang cepat, frame rate tinggi, dan segala sesuatu yang Anda inginkan dari game FPS semua ada disini. Ini adalah salah satu dari game bada yang paling ambisius yang pernah saya mainkan sejauh ini, dan saya sangat merekomendasikan N.O.V.A untuk setiap penggemar game FPS. Bagi Anda pengguna perangkat bada 1.1 seperti Samsung Wave 525, 533 dan 575 juga bisa menikmati versi lite dari game ini dengan harga yang lebih murah. Semuanya bisa didapatkan di Samsung Apps.


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar