Sabtu, 14 Mei 2011

App Game Kit, Software Pengembangan Game Lintas Platform


App Game Kit (AGK) adalah software untuk pengembangan game lintas-platform yang saat ini sedang dikembangkan oleh The Game Creators (TGC). TGC telah mengumumkan bahwa mereka berharap untuk merilis App Game Kit pada awal tahun 2011. Namun rilis ini direncanakan hanya ditawarkan untuk kompilasi dari iOS, bada, Windows (PC), Mac OS dan MeeGo. Platform lain akan ditambahkan dalam rilis kedua yang direncanakan kemudian.

Software yang dihasilkan dengan App Game Kit akan ditulis dalam bahasa pemrograman yang disebut AGK Script. Bahasa ini akan memiliki command inbuild yang kuat termasuk command untuk grafis 2D dan physics (simulasi dan game engine dalam komputer grafis 3D). Command akan menggunakan fungsi native dari platform untuk meningkatkan kinerja. AGK Script juga akan dirancang untuk meningkatkan code readability. TGC telah menyebutkan bahwa command mungkin akan sama, atau mirip dengan apa yang telah digunakan oleh DarkBASIC Pro, produk lain yang juga mereka kembangkan. Command AGK Script juga akan memiliki dokumentasi online yang luas. Sedangkan untuk bahasa pemrograman akan ditulis menggunakan Eclipse IDE.

Salah satu fitur utama dari AGK adalah bahwa sekali kode ditulis, maka akan dimungkinkan untuk meng “compile” nya untuk sejumlah platform yang berbeda tanpa perlu membuat perubahan pada source code. Hal ini bahkan akan berlaku untuk platform dengan ukuran layar yang sangat berbeda karena AGK akan berpatokan pada resolusi layar yang independen.


Belum ada harga yang diumumkan. Namun The Game Creators telah mengatakan bahwa software itu "bebas untuk dicoba" dan mereka akan memberikan "akses ke source code secara penuh".


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar