Selasa, 05 April 2011

Samsung Smart TV sudah hadir di Indonesia


Sesuai dengan janji sebelumnya yang berniat untuk memperluas peredaran Smart TV tahun ini, Samsung secara bertahap telah merilisnya ke berbagai negara di Eropa dan Asia setelah sebelumnya sukses di Amerika. Begitu juga dengan Indonesia. PT. Samsung Electronic Indonesia baru-baru ini telah meluncurkan seri Smart TV terbaru yang di gelar di Ritz Carlton, Pasific Palace, Jakarta (30/03/2011). Tak hanya kemampuan yang lebih cerdas, ketiga rangkaian Smart TV menawarkan gaya yang elegan dan minimalis, dengan sukses mengurangi ukuran bingkai TV hingga 80 persen. Merilis tiga seri sekaligus, yakni D8000, D7000 dan D6600, Samsung mengklaim seri ini sebagai Smart TV pertama di Tanah Air.

"Saat ini masyarakat tidak lagi bisa dipisahkan dari internet. Sehingga ke depannya televisi tidak lagi menjadi media komunikasi satu arah, melainkan perangkat interaktif yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Jadi, selain menikmati tontonan televisi, orang-orang juga akan lebih mudah beraktivitas," kata Dicky Derajat selaku Head of Marketing CTV dan AV Samsung Indonesi. "Contohnya, saat ingin menyaksikan fim di bioskop, kita bisa memesan tiket melalui Smart TV. Atau ketika membutuhkan dokter, kita bisa melihat jadwal praktik dokter di rumah sakit, dan sebagainya."

Yang membedakan rangkaian Smart TV dengan Internet TV sebelumnya diantaranya adalah kehadiran feature SmartHub terbaru, yang memungkinkan pengguna menikmati berbagai layanan dan aplikasi. Feature terbaru ini meliputi kemampuan Search All, yang memudahkan mencari konten yang diinginkan pengguna baik pada TV maupun semua media yang terkoneksi ke TV, Your Video, yang menghadirkan rekomendasi tayangan TV berdasarkan history tontonan pengguna dan Samsung Apps yang memungkinkan pengguna mengakses berbagai aplikasi dari Samsung Apps baik yang gratis maupun berbayar. "Harap dibedakan konsep Smart TV dengan Internet TV. Selama ini masyarakat masih salah kaprah dengan kata-kata 'Smart TV'. Bagi kami, Smart TV artinya bukan saja televisi yang terhubung dengan internet, tapi juga bisa menikmati berbagai konten hiburan interaktif. Selain itu Smart TV juga bisa menyimpan histori dan preferensi penggunanya, seperti misalnya rekomendasi tayangan," lanjut Dicky.


Peluncuran televisi cerdas ini merupakan inisiatif Samsung dalam menyikapi tren dan kebutuhan masyarakat yang terus mengalami perkembangan. Semakin menjamurnya perangkat pintar, seperti smartphone dan tablet, menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah sangat siap menyambut era digital, di mana setiap orang akan terhubung dengan internet.

"Konsumen Indonesia berkembang sangat cepat. Ini bisa dilihat dari penjualan smartphone di Indonesia yang kini sudah mencapai sekira 1,6 juta unit. Generasi muda saat ini tahu benar bagaimana cara menggunakan perangkat cerdas," ujar Managing Director Samsung Indonesia Yoo-Young Kim.

Rencananya, ketiga seri Smart TV ini yang mulai dilepas bulan April ini dengan ukuran mulai dari 40 inci hingga 60 inci akan dibanderol mulai dari Rp16 juta hingga Rp70 juta. Memang masyarakat harus merogoh kantong cukup dalam untuk bisa memiliki perangkat Smart TV ini. Namun Dicky optimistis, pangsa pasar Smart TV di Indonesia sangat terbuka lebar. Dia menjelaskan bahwa penjualan TV LED, yang merupakan rangkaian produk premium, mengalami perkembangan yang cukup menggembirakan dari hanya 100 ribu konsumen di awal tahun 2010 menjadi 500 ribu pada awal 2011.


"Sama saja seperti BlackBerry yang penyerapan pasarnya sangat cepat. Dalam waktu enam bulan, penetrasi BlackBerry bisa mencapai 50 persen. Karena itu kami yakin konsep Smart TV cepat atau lambat akan diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Memang saat ini penetrasi pasarnya belum sebesar televisi-televisi lain. Tapi kami percaya, ke depannya akan bisa lebih baik," lanjut Dicky.

Samsung sendiri menegaskan fokusnya terhadap produk-produk Smart TV tahun ini. Dicky mengklaim 75 persen dari total lineup TV LED Samsung pada 2011 adalah perangkat televisi cerdas. "Hingga akhir tahun, kami akan mengeluarkan kira-kira 25 model Smart TV," pungkasnya.

Berikut ini beberapa video demo dari beberapa fitur pada Samsung Smart TV:







.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar