Senin, 18 April 2011

Samsung akan buat Smartphone dengan kinerja setara Desktop PC tahun depan


Samsung Electronics, produsen elektronik terbesar asal Korea Selatan, akan merilis sebuah smartphone yang menawarkan tingkat kinerja yang setara dengan desktop PC. Ponsel ini akan dijalankan oleh CPU (core processing unit) dual core dua gigahertz (Ghz), yang akan memberikan kapasitas pengolahan data hingga 4GHz. Samsung juga akan mempertimbangkan penjualan unit CPU ini secara terpisah.

"Kami berencana untuk merilis smartphone yang dilengkapi dengan CPU dual core 2GHz tahun depan," kata seorang pejabat tinggi dari Samsung kepada situs Korea, Daum.net. "Produk ini akan memiliki kapasitas pengolahan data layaknya sebuah PC reguler." Samsung hingga saat ini masih mengembangkan CPU dual core yang akan digunakan dalam smartphone. Dan hal ini sangat mungkin bahwa CPU itu akan diluncurkan dengan merek Exynos, merek prosesor yang diluncurkan oleh Samsung pada bulan Februari yang lalu.

Sebuah CPU dual core memiliki dua unit CPU yang dikemas ke dalam satu komponen, yang memungkinkan dua kali kecepatan dalam pemrosesan data. Akan lebih mudah memang untuk memproduksi satu unit CPU 4GHz bukan unit CPU dual core 2GHz, tetapi Samsung memilih untuk dual core karena bisa dioptimalkan dengan lebih baik untuk produk smartphone. CPU dual core akan memfasilitasi fungsi multitasking menggunakan smartphone dengan membagikan beban kerja pada dua core yang terpisah.

Sebuah smartphone yang dilengkapi dengan CPU dual core 2GHz akan bisa menandingi tingkatan kinerja dari desktop PC. Sebagian besar PC yang digunakan dewasa ini telah memiliki kecepatan CPU 3 ~ 4 Ghz.

Samsung juga mengatakan akan mempertimbangkan untuk penjualan terpisah dari unit CPU untuk pembuat smartphone lainnya. Samsung sebelumnya lebih mengutamakan untuk memproduksi CPU mobile untuk lini produk mereka sendiri, tetapi di masa yang akan datang akan berencana untuk memperluas sektor ini menjadi penjualan prosesor mobile di bawah merek baru Exynos.


Sumber: Daum.net via Samsunghub
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar