Minggu, 20 Maret 2011

Norbsoft SkyMap, Aplikasi Penjelajah Semesta Perbintangan


Anda suka mengamati langit di malam hari? Gugusan bintang yang berkilauan di antara kelamnya suasana lembaran langit di malam hari biasanya membawa keteduhan dimata dan kedamaian di dalam hati. Tapi dibalik kesederhanaan peta langit di waktu malam ini sebenarnya menyimpan pengetahuan astronomi yang begitu luas dan begitu dalam bila kita coba untuk mengenalnya lebih jauh. Pengembang asal Polandia, Norbsoft, mencoba untuk menjabarkan semua itu lewat sebuah aplikasi pemetaan langit yang luar biasa.

Norbsoft SkyMap adalah sebuah aplikasi unik yang mengungkap hampir 10.000 bintang di langit, semua planet dari tata surya dan objek lain seperti nebula dan galaksi. Sebagai titik observasi awal, Anda dapat menetapkan lokasi Anda saat ini dan waktu lokal secara otomatis dengan menggunakan GPS untuk mengidentifikasi lokasi Anda sendiri atau bisa juga dengan memasukkan koordinat Anda secara manual, baik dari garis lintang maupun bujur, atau dengan memilih dari database kota yang tersedia. SkyMap kemudian mengambil waktu beberapa detik untuk menghitung posisi semua benda langit, dan kemudian memberi Anda pandangan 360 derajat dimulai dari arah Utara.


Dalam mode kompas, aplikasi ini secara otomatis akan men-scrolling peta untuk menampilkan bagian dari langit di mana perangkat saat ini menunjuk. Hal ini dimungkinkan berkat adanya kompas internal pada ponsel, accelerometer dan modul GPS. Lewat fungsi cerdas ini, Anda bisa mulai mencari informasi yang lebih spesifik. Galeri yang ada kemudian akan menunjukkan tampilan dari planet dan galaksi yang lain, sementara Anda juga bisa dengan mudah melihat peta perbintangan juga. Dan tentu saja, Anda juga bisa mendapatkan informasi tambahan seperti jarak tahun cahaya dari bintang-bintang itu.


Untuk membuat penggunaan SkyMap lebih menyenangkan dan bersahabat untuk mata Anda, NorbSoft juga menawarkan mode malam yang akan menyesuaikan kontras dari layar ponsel Anda dengan kondisi langit yang gelap.

Pemetaan langit dari SkyMap menyoroti obyek yang berbeda dengan nama-nama khusus mereka. Ada juga pilihan untuk terhubung ke internet untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang hal itu. Cara lain untuk mengeksplorasi langit adalah dengan menggunakan pilihan pencarian objek tertentu jika Anda tahu namanya, dan SkyMap akan menemukannya dalam hitungan detik dengan informasi yang spesifik.


Tidak bisa dipungkiri lagi, Norbsoft SkyMap adalah sebuah aplikasi fenomenal bagi para penggemar astronomi dimana saja dan kapan saja. Dengan mengunduhnya dari Samsung Apps, berarti Anda telah siap menjelajahi luasnya alam semesta di atas sana sehingga harga Rp35.400 terasa tidak sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar