Sabtu, 19 Maret 2011

DjScratch, Gesek Untuk Membuat Efek Suara


Pernah ingin menjadi seorang DJ? Samsung pernah merilis ponsel layar sentuh GT-M7600 Beat DJ yang didesain khusus untuk digunakan bagi mereka yang hobi menjadi seorang DJ. Kini setelah eranya smartphone bada, Anda tidak akan kesulitan lagi untuk menyalurkan hobi Anda itu karena saat ini ada beberapa pilihan aplikasi Disc Jockey yang bisa diinstal di perangkat bada Anda, diantaranya DjScratch, DJemulator dan DJ Party Mixer. DjScratch adalah salah satu aplikasi DJ gratis yang ada di Samsung Apps yang menyediakan virtual turntable di mana Anda bisa menciptakan berbagai efek suara melalui berbagai fitur yang ternanam didalamnya.

Dengan virtual turntable yang ada di DjScratch, Anda bisa menggesek (scratch) berbagai loop suara serta lagu-lagu favorit Anda. Scratch engine secara akurat akan mengkonversi pergerakan jari Anda untuk setiap perubahan pada virtual turntable. Kemampuan multitouch juga dimaksimalkan untuk mengaktifkan volume dan RPM slider yang akan memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai variasi perubahan volume dan RPM slider secara bersamaan dengan saat Anda menggesek virtual turntable.


Desain aplikasi ini sangat baik dan Anda dapat memuat berbagai sampel audio dan menggunakan bagian vinil pada layar ponsel Anda untuk menggesek. Sampel audio ini juga bisa Anda buat sendiri dengan merekam berbagai suara yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga dapat memuat file MP3, WAV atau OGG dari memori ponsel Anda sehingga Anda benar-benar dapat bermain-main dengan lagu-lagu favorit Anda.


Mix dapat dilakukan dengan menggesek dari sampel audio awal tadi bersama dengan trek yang telah diambil dari kartu memori ponsel. Ini semua terlihat cukup cerdas, dan sementara saya tidak begitu ahli dalam soal DJ, umpan balik yang saya dapatkan dari aplikasi ini rasanya sangat positif. Dengan fleksibilitas aplikasi, terutama dalan kinerjanya, Anda tentu tidak akan pernah bosan untuk terus berlatih menciptakan berbagai efek suara keren hingga siapa tahu bisa menjadi DJ profesional nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar