Selasa, 08 Maret 2011

Bada Developer Day di Finlandia, Iran, Vietnam dan Amerika


Dalam rangka untuk emakin memperluas penetrasi bada diantara para pengemnbang aplikasi, Samsung telah menyelenggarakan serangkaian bada Developer Day di sejumlah negara di dunia. Untuk bulan Februari-Maret, bada Developer Day tercatat telah diselenggarakan di Iran, Finlandia, Amerika dan Vietnam. Tidak lupa dalam berbagai acara itu Samsung memperkenalkan bada versi 2.0 yang menjanjikan banyak perubahan untuk bisa berkompetisi dengan platform besar laiinya.

Di Helsinki, Finlandia, bada Developer Day dari Samsung masuk dalam acara Mobile Dev Camp yang diselenggarakan oleh Kai dan Mike. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 26 Februari 2011 di tanah kelahiran Nokia ini dimulai dengan coding camp yang dihadiri oleh pengembang dari berbagai platform mobile. Dihadiri juga oleh Tomi Ahonen, mantan eksekutif Nokia yang kini berprofesi sebagai analis industri mobile dan Ville Heijari dari pengembang game Rovio, pencipta game Angry Birds. Game Angry Birds dan Fruit Ninja sendiri saat ini dalam proses uji kelayakan oleh Samsung dan akan segera dirilis di Samsung Apps. Pengembang Rovio berjanji bahwa Angry Birds untuk bada nantinya akan terus diupgrade dengan menghadirkan berbagai versi baru di kemudian hari.


Sedangkan bada Developer Day ke 44 yang diselenggarakan di Iran sukses dihadiri oleh sekitar 200 pengembang aplikasi lokal. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 4 Maret 2011 di Teheran ini selain mengetengahkan pembahasan mengenai platform bada dari Samsung, juga memamerkan sederetan handset terbaru buatan Samsung.


Selain Iran, bada Developer day ke 45 diselenggarakan pada tanggal 6 Maret di Vietnam. Dalam acara ini juga ada pemberian hadiah bagi pemenang bada Developer Challenge untuk wilayah Vietnam yang diikuti oleh sekitar 289 pengembang dengan menghasilkan 436 aplikasi yang dilombakan. Pemenang pertama dengan hadiah 1 Milyar Dollar Vietnam jatuh kepada pengembang Huynh Nguyen Huy Quan, dan Little Chipmunks. Saat ini tercatat 160 aplikasi di Samsung Apps adalah berasal dari pengembang Vietnam.


Berikutnya Samsung juga menyelenggarakan acara local bada code camp di negara Paman Sam, tepatnya tanggal 7 Maret di Boston, 8 Maret di Atlanta dan 10 Maret di Austin. Event untuk pengembang aplikasi yang diadakan di Amerika ini mengetengahkan tema yang lebih serius, diantaranya termasuk pembahasan tentang integrated development environment (IDE), simulator, UI builder, sample applications, documentation dan tutorial.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar