Kamis, 24 Februari 2011

Platform bada Mulai Menginvasi Daratan China


Pada tanggal 17 Januari 2011 yang lalu di Beijing, China, Samsung menyelenggarakan malam penganugerahan pemenang bada Developer Challenge untuk wilayah regional China yang dimenangkan oleh pengembang GoodTeam Studio asal Chengdu. GoodTeam dengan aplikasinya yang berjudul Empire Defense berhak atas hadiah uang sebesar 1 juta Renminbi. Empire Defense sendiri adalah game strategi bertema tower defense yang saat ini sudah bisa diunduh di Samsung Apps. GoodTeam sebagai pengembang juga melaporkan bahwa sejauh ini perkembangan aplikasinya cukup menggembirakan dan telah diunduh sebanyak 300 ribu kali lebih dari Samsung Apps sejak pertama dirilis.

Kompetisi bada Developer Chalenge di China ini bertujuan untuk mendorong penyediaan aplikasi untuk ekosistem platform bada di China. Sebelumnya Samsung juga telah mengadakan serangkaian acara untuk Forum Pengembang Aplikasi di China untuk memperkenalkan bada sebagai platform smartphone yang baru kepada pengembang disana. Dengan banyaknya vendor ponsel lokal China yang saat ini menggunakan platform Android dari Google di kisaran harga 500 sampai 1000 Renminbi, pangsa pasar smartphone bada di daratan China diperkirakan akan meningkat pesat dengan moto barunya “Smartphone for Everyone”.

Dalam hal portabilitas, para pengembang bisa membuat aplikasi untuk platform bada dengan C++, yang berarti bahwa pengembang yang sudah mengembangkan aplikasi untuk platform lain seperti iPhone dan Android dengan C++, akan merasa mudah untuk memporting aplikasi berkualitas tinggi milik mereka untuk bada. Dalam arena Social Gaming, platform social gaming terkemuka seperti OpenFeint dan Scoreloop juga telah mengumumkan dukungannya untuk platform bada dengan menawarkan bada SDK untuk pengembang game agar game buatan mereka bisa terkoneksi secara sosial dengan para pengguna smartphone bada dimana saja. Di China, Samsung dilaporkan juga telah bekerja sama dengan Sina dan Alipay untuk mengaktifkan aplikasi bada berbayar tahun ini.

“Sangatlah berisiko untuk setiap pengembang aplikasi mobile untuk menempatkan semua taruhannya hanya pada satu platform mobile. Kami telah mengembangkan banyak game untuk Android, tetapi ketika kita melihat potensi awal dari bada, kami memutuskan untuk bergerak cepat dengan konten yang telah kami siapkan. Sampai saat ini, kami telah memporting 6 game, dan akan merilis minimal 5 game lagi tahun ini.” kata Lee Wanpeng, CEO GoodTeam menjelaskan keputusan mereka untuk mendukung platform bada

Rye Studio, pengembang terkemuka untuk iPhone dan Android yang berbasis di Beijing, juga akan menyatakan akan berkontribusi untuk platform bada. "Kami sudah mulai memporting beberapa aplikasi, dan proses tersebut benar-benar berjalan dengan mulus, sehingga kita sangat terkesan dengan stabilitas dari teknologi yang digunakan oleh bada. Ini juga mendorong kami untuk melihat lanjutan inisiatif dan investasi Samsung yang lebih jauh untuk pertumbuhan ekosistem bada di masa depan."

Jika dukungan dari pengembang independen yang sangat baik seperti GoodTeam dan Rye Studio telah datang, tahun 2011 ini bisa menjadi tahun yang baik bagi pertumbuhan bada, karena akan hadirnya aplikasi yang berkualitas dan keragaman konten untuk platform yang sedang berkembang ini. Jika perhatian Samsung untuk para pengembang aplikasi untuk bada di China tetap konsisten, maka tahun 2011 ini akan menjadi tahun yang penuh persaingan dengan raksasa industri smartphone yang sudah mapan seperti Apple, Google Android dan kolaborasi Nokia/Microsoft.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar