Rabu, 05 Januari 2011

Samsung Targetkan Kuasai Pasar Smartphone Mid-Range di 2011 dengan Android dan bada


SEOUL, 5 Januari 2011 – Setelah membangun keberhasilan di pasar smartphone premium tahun lalu, Samsung Electronics Co berharap untuk membuat percikan di segmen smartphone mid-range. Begitulah yang dikatakan oleh presiden dari bisnis mobile Samsung hari Rabu lalu, seraya juga menanbahkan bahwa smartphone diharapkan secepatnya akan menjadi perangkat yang utama.

Shin Jong-Kyun, Presiden dari Samsung Mobile, mengatakan dalam sebuah wawancara tertulis dengan Yonhap News Agency sebelum festival teknologi gadget di Las Vegas, Amerika Serikat, bahwa yang akan menjadi andalan untuk terjun ke tengah-tengah pasar smartphone massal adalah sistem operasi Android dan bada, platform software mobile milik Samsung sendiri yang baru berusia 1 tahun.

"Ponsel bada diperkirakan akan mencapai akumulasi penjualan sekitar 10 juta unit pada akhir Juni," kata Shin. "Ponsel bada telah diantisipasi untuk membuat kontribusi yang besar bagi keseluruhan penjualan smartphone Samsung pada 2011."

Samsung, yang merupakan vendor ponsel terbesar kedua di dunia setelah Nokia Corp dari Finlandia, bertujuan untuk melipatgandakan penjualan smartphone tahunan ke lebih dari 50 juta unit pada tahun 2011 dengan meluncurkan tablet dan smartphone baru mulai dari seri high-end sampai ke perangkat yang berharga murah.

Dalam perombakan manajemen baru-baru ini, Shin, 55 tahun, selanjutnya akan bertugas mengawasi bisnis jaringan perusahaan, sementara rekannya di LG Electronics Inc, vendor ponsel terbesar ketiga di dunia telah diganti.

Pada 2011, Shin berharap Samsung akan mampu untuk memenangkan pertarungan di segmen pasar  perangkat smartphone mid-range yang harganya kurang dari 60.000 Won.

"Kami berencana untuk membangun sebuah line-up secara penuh dari model premium hingga untuk pasar massal, merilis sejumlah perangkat untuk memenuhi permintaan dari pasar untuk negara berkembang hingga untuk negara maju," kata Shin.

Segmen smartphone mid-range diperkirakan akan mendorong pertumbuhan pasar smartphone secara keseluruhan dalam beberapa tahun mendatang. Menurut peneliti pasar Strategy Analytics, pasar global untuk model mid-range yang berharga antara $100 dan $200 diperkirakan akan melonjak menjadi $28 miliar atau 68 persen dari keseluruhan pasar ponsel pada tahun 2014, atau melonjak dari $7 milyar pada tahun 2010.

Sementara itu, pasar untuk model high-end dengan harga lebih dari $300 diperkirakan akan menyusut dari $56 miliar tahun lalu sampai $50 miliar pada tahun 2014.

Nokia, Motorola Inc dan Research In Motion Ltd adalah beberapa vendor ponsel global yang telah merespon tren ini dengan meluncurkan model yang lebih murah.

Samsung, yang meluncurkan platform mobile pertamanya, bada, pada akhir tahun 2009, telah memperkenalkan lima ponsel yang menjalankan OS bada pada tahun 2010, termasuk tiga perangkat untuk segmen mid-range. Dengan mengandalkan layar sentuh multi-touch, web surfing, toko aplikasi ponsel dan fitur lain dari smartphone yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau, perangkat bada telah mendapat tanggapan yang optimis di pasar Eropa, begitulah kata Shin.

Shin menambahkan bahwa Samsung berencana untuk merilis model tambahan untuk perangkat berbasis bada tahun ini yang menargetkan pengguna smartphone untuk  segmen menengah ke bawah.

2 komentar:

rukawa mengatakan...

mas mau tnya upgrade os bada 1.2 utk wave 533 dh kluar blum ???

Ryo Jin mengatakan...

Belum ada info untuk Wave 533.

Posting Komentar