Jumat, 14 Januari 2011

Luna Story, Game RPG Pertama untuk Samsung Wave 525, 533 & 575


Hari ini di Samsung Apps muncul sebuah game yang menurut saya adalah RPG sejati pertama untuk seri Samsung Wave 525, Wave 533 dan Wave 575. Bila Anda pengguna Samsung Wave II, bisa menemukan game jenis ini pada Zenonia. Game berjudul Luna Story ini mengutamakan cerita dan gameplay seperti layaknya jenis RPG (Role Playing Games) yang lain, jadi Anda akan butuh waktu agak lama untuk hanyut dalam suasana yang dibangun hingga menyelesaikan game ini hingga tuntas.

Dalam Luna Story, Anda adalah bagian dari ras yang dikenal suka hidup bebas dalam sebuah  kota yang megah yang disebut Shangri-La. Melalui ego, keserakahan dan perang yang tiada henti, kota itu kemudian menjadi hilang, dan sekarang hanya menjadi mitos di kalangan masyarakat. Nah, sekarang  menjadi kewajiban Anda untuk menemukan kota itu dan mengembalikan orang-orang Anda ke tempat yang selayaknya dulu mereka tinggali. Anda akan memulai kisah panjang Luna Story sebagai  karakter yang bernama Ray. Namun melalui berbagai penemuan dan setelah menyelesaikan game ini, Anda nanti akhirnya juga bisa memainkan game ini melalui salah satu dari 5 karakter yang berbeda.


Gameplay dari Luna Story seperti layaknya RPG pada konsol game lainnya, Anda mulai di kota Anda, di mana kebanyakan orang sedang menjual barang kepada Anda, dan mereka juga biasanya memiliki cerita berbeda yang diantaranya juga berisi “quest” atau petunjuk untuk jalan cerita selanjutnya. Anda dapat menerima atau menolak quests tersebut. Ada log kecil yang menyenangkan yang bisa  bercerita tentang semua quests yang Anda terima dan diposisi mana masuknya.

Untuk bergerak di seluruh tempat Anda memiliki virtual d-pad pada layar. Untuk mengeluarkan menu ada tombol berlabel menu yang mudah terlihat, dan begitu Anda masuk menu, Anda bisa menggunakan d-pad untuk menelusuri dan tekan OK untuk membuka submenu atau untuk melengkapi atau membuang item. Di sisi lain, untuk pertempuran agak kurang nyaman, karena game ini dimainkan dalam mode potret, tidak lanskap sehingga kontrol dapat lebih tersebar. Selain itu, Anda juga harus menekan OK ketika di atas item untuk mengambilnya.

Untuk senjata dan pernak-pernik, ada 3 item yang bisa dikumpulkan yang memberikan keterampilan tambahan. Ada juga 5 keterampilan non-item yang bisa Anda pelajari dan akan terus meningkat di sepanjang  perjalanan Anda. Ada juga hewan peliharaan berbeda yang bisa Anda dapatkan di sepanjang jalan yang akan membantu Anda dalam proses pencarian Anda, entah dia akan berjuang sepanjang sisi Anda atau berperan untuk menyembuhkan Anda selama pertempuran. Dan sama seperti Anda dan kemampuan Anda, semakin hewan peliharaan ini banyak digunakan, semakin meningkat juga kemampuannya. Anda harus menjaga hewan peliharaan dengan memberinya makan untuk membuat mereka senang, jadi pastikan untuk membeli makanan kapanpun Anda bisa.


Dari sisi grafis mungkin masih seperti RPG lama, tapi nantinya secara perlahan Anda akan menyadari kalau semakin menarik. Gambar yang dihadirkan cukup rinci dan mewakili tiap item yang dihadirkan. Efek suara terutama terbatas pada pertempuran saat pedang beradu dan juga pergerakan menu. Sedikit mengecewakan memang dengan ketiadaan suara makhluk satupun di game ini. Musik yang dimunculkan cukup layak menemani tiap suasana, tapi sangat khas untuk jenis permainan seperti ini. Sangat menyenangkan untuk didengarkan tetapi tentu tidak akan mamukau Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar