Selasa, 14 Desember 2010

Teknologi Mobile Terbaru dari Samsung untuk Smartphone: DRAM LPDDR2, Super PLS LCD & Chip NFC

Memori Tercepat DRAM LPDDR2 Hemat Daya

Ketika berbicara soal ponsel dan perangkat mobile lain seperti tablet dan netbook, kita tentu tidak hanya menginginkan kinerja yang lebih baik dalam produk-produk terbaru, tetapi juga ingin agar baterai bisa bertahan lebih lama. Kinerja yang sangat cepat tentu tidak berarti apa-apa jika baterai sudah mati dalam waktu satu jam misalnya. Untuk itulah, Samsung baru saja mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan jenis baru DRAM LPDDR2 yang menggunakan daya yang seminimal munkin khusus untuk perangkat mobile dan menawarkan kinerja lebih baik.

DRAM baru ini menggunakan teknologi kelas 30nm dan akan digunakan untuk pasar smartphone dan tablet. DRAM baru ini ditawarkan pada 4Gb DRAM LPDDR2 dengan kecepatan transfer data hingga 1.066 Mbps, yang hampir mendekati kinerja dari banyak solusi memori untuk PC. RAM yang baru ini bisa beroperasi lebih dari dua kali lipat kecepatan 400Mbps yang ditawarkan banyak memori MDDR pada perangkat mobile saat ini.

Samsung akan merilis sampel dari DRAM LPDDR2 8Gb yang tersusun dari sepasang chip 4Gb dalam satu paket dan pengaturan diharapkan berada di mainstream densities tahun depan. Solusi 8Gb ini menjanjikan 20% package height reduction, yang sangat berguna untuk perangkat yang sangat tipis. Samsung juga akan menawarkan kapasitas 16Gb dan 2GB LPDDR2 DRAM dengan menggunakan teknologi ini.

LPDDR2 – A new era of mobile memory technology begins


From Low density LPDDR1 to higher density LPDDR2.
* - LPDDR2 can save about 50% power, without any loss in performance.
* - Higher density can reduce operating power up to 57%.



Smart-phone A can run video-playback 6.4% longer with Samsung LPDDR2. (7.0hrs 7.45hrs) With the extra time, you can watch an hour-long show (without commercials).


Smart-phone A can remain in stand-by mode 23% longer with Samsung LPDDR2. (12.5days 15.4days)


LPDDR2 can provide data faster with reduced power consumption.


Memory configuration for target memory bandwidth (6.4GB/s).



Super PLS LCD


Samsung Mobile Display (SMD) telah mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan layar LCD generasi baru yang lebih baik daripada panel IPS konvensional (seperti buatan LG yang digunakan pada iPhone 4 dan iPad). Super PLS atau Super Plan to Line Switching display ini diklaim memiliki peningkatan sekitar 100 persen pada sudut pandang dan 10 persen lebih cerah. Ini merupakan generasi terbaru dari layar Super Clear LCD pada Samsung Wave II. Layar Super LCD lebih unggul dalam hal warna yang lebih natural (seperti aslinya), lebih cerah, lebih detil dan lebih awet dibanding AMOLED konvensional (lain dengan Super AMOLED) yang unggul di kontras dan saturasi warna yang lebih hidup.

Teknologi layar Super PLS ini mendukung hingga resolusi WXGA (1280 x 768 pixels) dan sekitar 15 persen lebih murah untuk diproduksi. Produksi massal dijadwalkan untuk awal tahun depan dan akan terintegrasi dalam smartphone mendatang.


Chip NFC Dengan Memori Flash


Samsung telah mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan chip Near Field Communications (NFC) dengan memori flash yang tertanam didalamnya. Chip yang dijadwalkan untuk produksi massal pada 2011 ini adalah sebuah chip NFC canggih yang menawarkan desain daya rendah dengan sensitivitas RF yang lebih baik.

Chip ini sangat cocok untuk smartphone karena mengkonsumsi daya yang sangat rendah, baik dalam mode aktif atau siaga. Konsumsi daya akan 20 persen lebih rendah dan juga akan tetap aktif walaupun ponsel kehabisan baterai. Sementara memori flash yang tertanam didalamnya memungkinkan untuk meng-upgrade firmware chip. Agar produk ini lebih cepat hadir ke pasaran, Samsung juga menyediakan software stack protokol dan tools untuk desain antena dan tuning. Selain bisa melakukan contactless payments, Chip NFC dari Samsung ini juga mampu membaca tag RFID.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar