Senin, 13 Desember 2010

Samsung Berkomitmen Penuh untuk Pengembangan bada


Samsung telah selesai menggelar 'bada Developer Challenge,' sebuah kontes pengembangan aplikasi untuk platform Bada yang berlangsung antara bulan Mei hingga Desember tahun 2010. Para peserta berpartisipasi dalam kontes online ini melalui situs bada developer. Bada Developer Challenge sendiri telah menarik minat 2.077 tim dari 54 negara.

"Samsung sangat bangga melihat respon yang sangat besar dari pengembang yang mendaftarkan aplikasi mereka ke bada Developer Challenge," kata JK Shin, Presiden dan Kepala Mobile Communications Business di Samsung Electronics, "Kami akan segera meluncurkan smartphone tambahan yang berbasis bada dan akan terus mendukung pengembang bada dalam pembuatan dan pemasaran aplikasi yang berkualitas tinggi".

Pemenang hadiah utama, yang meraih US $300.000, adalah Mooncoder di Polandia. Aplikasi pemenang "Little Sailor" ini adalah game balap kapal pesiar dalam nuansa 3D yang memungkinkan pengguna untuk mengalami simulasi berlayar yang realistis - dengan bantuan kontrol yang rumit dan grafis yang berwarna-warni. Aplikasi Little Sailor mencatat nilai tertinggi dalam penilaian kategori kreativitas, potensi komersial, fungsionalitas, dan user-friendly.



"Kami sangat senang menerima hadiah tertinggi dalam kontes yang diselenggarakan oleh Samsung Electronics, perusahaan global terkemuka yang membuat terobosan dalam software dan aplikasi," kata Maciej Komosinski dan Szymon Ulatowski, dari Mooncoder yang mengembangkan Little Sailor. "Kami percaya bada akan berkembang menjadi sebuah platform yang menawarkan peluang besar untuk pengembang melalui kekuatan Samsung dalam pasar mobile. Kami akan terus bergabung dengan inisiatif pengembang yang diselenggarakan oleh Samsung untuk membuat aplikasi lebih menarik dan berguna."

Delapan pemenang lainnya juga menerima US $100.000 masing-masing, termasuk badaSports, Doogie, Bang, WAMO_Camera, TouchRetouch, Bling-Bling Reader dan Parking. Aplikasi-aplikasi pemenang ini bisa didapatkan secara gratis bagi pengguna smartphone bada dalam waktu satu bulan dari sekarang.

Upacara penghargaan diadakan saat bada Developer Day di Seoul pada tanggal 8 Desember kemarin, yang juga ditandai dengan ulang tahun bada yang pertama. Saat bada Developer Day ini, Samsung memberikan panduan untuk mengembangkan aplikasi untuk bada, termasuk dukungan teknis mengenai platform serta informasi lebih lanjut tentang proses sertifikasi dan registrasi di Samsung Apps, toko aplikasi untuk bada.

Selain Samsung Wave - smartphone bada pertama yang diluncurkan pada bulan Juni kemarin, Samsung telah meluncurkan model tambahan seperti Wave II, Wave525, Wave533, Wave575 dan Wave723. Penjualan handset bada diperkirakan mencapai 5 juta unit sebelum akhir tahun 2010.

Samsung Apps, toko aplikasi Samsung, telah berkembang dengan sukses dari seri Wave, jumlah pengunduhan aplikasi di seluruh dunia diperkirakan akan melampaui 50 juta unduhan pada Desember tahun ini, yang menunjukkan meningkatnya popularitas aplikasi bada di kalangan pengguna smartphone. Diluncurkan pertama kali di Perancis, Italia dan Inggris pada bulan September 2009, Samsung Apps sekarang tersedia di 118 negara.

Samsung telah mendukung pengembang aplikasi dalam beberapa cara; terutama melalui situs online bada Developer dan juga melalui media offline lewat event lokal bada Developer Day yang diadakan secara teratur di seluruh dunia. Untuk membangun sebuah ekosistem mobile yang lebih baik, Samsung berencana untuk memperkenalkan program-program pendukungan tambahan untuk pengembang, yang meliputi program studi pendidikan secara online dan offline untuk pemrograman bada, Q&A online melalui situs bada Developer dan dukungan untuk penerbitan buku yang membahas bada secara teknis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar