Sabtu, 11 Desember 2010

Samsung Java SDK 1.2.2 dengan fungsi Multi-Touch untuk Aplikasi Java di Smartphone bada

Samsung SDK 1.2.2 untuk platform Java ME adalah kumpulan tool untuk mengembangkan Aplikasi Mobile untuk ponsel Samsung. Samsung SDK didasarkan pada Connected Limited Device Configuration (CLDC) dan Mobile Information Device Profile (MIDP), yang mendukung pelaksanaan Mobile Service Architecture (MSA), contactless communication API (JSR 257), dan Multitasking Java VM (MVM). Toolkit ini juga termasuk lingkungan emulasi, debug tool, tool untuk optimasi kinerja, dokumentasi, dan aplikasi sampel. Dan Samsung SDK 1.2.2 ini tentunya akan memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi mobile yang lebih canggih lagi.

Samsung OEM API

Samsung SDK 1.2.2 sekarang termasuk dukungan untuk OEM API. Namun emulasi yang sama tidak didukung.

Multi-Touch

Fungsionalitas Multi-Touch pada ponsel layar sentuh memungkinkan pengguna untuk beroperasi dengan dua atau lebih jari pada satu waktu. Multi-Touch memungkinkan pinching dan stretching gestures pada layar untuk mengendalikan proses zooming. Multi-Touch adalah sesuatu yang biasanya terkait dengan layar sentuh berjenis kapasitif daripada dengan layar sentuh yang berjenis resistif.

Dengan menggunakan metode Multi-Touch di Canvas class, kita akan bisa mendapatkan dua atau lebih pointer untuk koordinat x dan y, sehingga bisa memproses beberapa peristiwa yang sesuai untuk masing-masing. Fitur Multi-Touch untuk aplikasi Java ini akan disertakan dalam perangkat Samsung Wave.

Gambar berikut ini menggambarkan fungsi Multi-Touch untuk aplikasi Java pada Samsung Wave:

Scale-up

Untuk memporting aplikasi yang sebelumnya dibuat untuk perangkat dengan resolusi yang lebih kecil agar bisa berjalan sempurna di perangkat yang memiliki resolusi layar yang lebih besar, untuk perangkat Samsung Wave telah dibenamkan fitur Scale-up. Fungsi ini didukung melalui penggunaan atribut JAD. Proses scaling ini dilakukan untuk Full Screen Canvas saja dan akan dilakukan oleh platform, sehingga fungsi ini tidak terlihat oleh MIDlet. Setelah proses scaling, MIDlet akan diberitahukan melalui metode Canvas sizeChanged ().

Gambar berikut ini mengilustrasikan fungsionalitas Scaling pada Samsung Wave:

OverlayKeypad

OverlayKeypad menyediakan keypad virtual yang lebih besar untuk navigasi input buat pengguna. Sebagian besar aplikasi Java menggunakan text box dalam bentuk form untuk input teks asli.

Ada dua cara untuk menggunakan editor teks asli, Hidden Textbox dan OverlayKeypad. Perbedaan utama antara Hidden Textbox dan OverlayKeypad adalah apakah blokir status akan didukung atau tidak. Ketika Hidden Textbox dipanggil, semua Threads Java akan diblokir untuk meng-update buffer teks hingga input editor asli ditutup. Sedangkan dalam kasus OverlayKeypad, bagaimanapun kejadiannya, thread baru akan dibuat untuk mengupdate nilai teks buffer.

Dan sizeChanged (int w, int h) di Canvas Event akan dipanggil oleh VM, sedangkan Canvas size dalam midlet yang dipanggil OverlayKeypad harus diperiksa.

Fitur OverlayKeypad sudah termasuk dalam perangkat Samsung S8500 Wave. Dan berikut ilustrasi OverlayKeypad pada Samsung Wave:

OvelayEditField

Perbedaan antara OverlayKeypad dan EditField adalah:

Fitur OverlayEditField termasuk dalam perangkat Samsung S8500 Wave, dan berikut Ilustrasi OverlayEditField dengan dan tanpa LSK dan RSK soft key:

SKIN

Tujuh skin baru juga telah ditambahkan, masing-masing untuk GT-S8500 Wave, GT-E2550, GT-S5250 Wave 525, GT-C5010 , GT-S8530 Wave II, GT-C3300 Champ, GT-B7722, GT-S3370, SGH-S5320, GT-S8000 Jet dan SGH-S5230 Star.

File Attachments:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar