Sabtu, 11 Desember 2010

Wave membuat Samsung menguasai Pasar Prancis, bada menjadi Platform Ketiga Terbesar

Samsung Mobile telah kehilangan tempatnya di posisi teratas di Prancis dari Apple awal tahun ini berkat keberhasilan iPhone. Namun, Samsung S8500 Wave yang diluncurkan pada bulan Juni kemarin, telah memungkinkan Samsung untuk mendapatkan kembali posisinya secara cepat. Smartphone pertama dari Samsung dengan sistem operasi buatan mereka sendiri, bada, ini telah menjadi peringkat 1 dalam penjualan dalam enam minggu, dan peringkat 1 di pasaran dalam tujuh minggu. Saat ini, Samsung adalah pemimpin pasar di Prancis dengan pangsa pasar 41,6% dalam volume penjualan dan 29,5% dalam nilai penjualan.

Samsung, pemimpin pasar untuk smartphone

Kesuksesan S8500 Wave juga menjadikan produsen asal Korea Selatan ini untuk menjadi pemimpin di pasar smartphone. Target yang dicanangkan oleh Samsung Perancis saat ini adalah bisa menjual Wave sebanyak 1 juta unit sebelum Natal tiba.

Selain S8500 Wave, Samsung juga menjual Galaxy S maupun smartphone berbasis Android lainnya di Prancis, tapi penjualannya tidak sesukses Wave. Menurut pantauan saya, Galaxy S bisa sukses luar biasa di negara-negara dimana Samsung Wave belum/tidak dirilis, seperti di Amerika Serikat, Korea atau Indonesia. Kenyataan seperti ini membuat Samsung terkadang harus menerapkan strategi berbeda dalam distribusinya. Di satu sisi ingin terus mempopulerkan bada untuk masa depan mereka, di sisi lain ingin terus memanfaatkan momentum Android untuk menjadi produsen Android terbesar.

Bada, Platform Smartphone terbesar ketiga!

Samsung nampaknya telah berhasil dengan bada, setidaknya untuk pasar Prancis, karena hanya dalam waktu dua bulan saja, OS ini menjadi yang terbesar ketiga di pasar Prancis, dengan pangsa pasar 18,5%, di belakang Apple iOS (27,3%) dan Google Android (21,3% ). Bukan OS pemenang memang untuk saat ini, tapi harus diingat ini dicapai dalam waktu cuma dua bulan saja, apalagi hanya dengan satu model ponsel!

Bada kemungkinan besar akan segera bisa melebihi Android atau bahkan iPhone pada tahun ini juga karena Samsung juga telah meluncurkan smartphone bada kedua S5250 Wave 525, ketiga S5330 Wave 533 dan keempat S7230 Wave 723, sebelum meluncurkan Samsung S8530 Wave II untuk akhir tahun 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar