Selasa, 07 Desember 2010

Samsung akan ciptakan ekosistem bada untuk Smartphone, Tablet dan TV

 
Samsung telah merinci bagaimana harapan mereka untuk menaikkan popularitas sistem operasi mobile bada dalam upayanya untuk bersaing dengan ekosistem Apple dan Android serta berusaha untuk "merubah arah pasar smartphone".

Justin Hong, pimpinan yang membawahi platform bada, menjelaskan bahwa platform bada dapat diterapkan ke beberapa jenis perangkat, termasuk smartphone high-end seperti Samsung Wave, dan Samsung juga telah melakukan serangkaian penelitian untuk kemungkinan penggunaan platform bada pada tablet dan TV. Bada bisa diibaratkan masih bayi, dan hanya ada 3000+ aplikasi yang tersedia saat ini, tetapi dia menegaskan bahwa ribuan aplikasi telah menunggu untuk sertifikasi, dan dia juga mengharapkan pengembang untuk platform Android dan Apple saat ini bisa membuat aplikasi juga untuk platform bada di masa depan.
"Kami lebih fokus pada kualitas bukan kuantitas. Bada adalah platform yang baru dan dapat memberikan kesempatan bagi para pengembang untuk mendapatkan aplikasi mereka diakui di toko yang tidak seramai bila dibandingkan dengan toko aplikasi yang lain," katanya.

Samsung telah mengadakan puluhan kali event bada Developer day di berbagai negara sejauh ini, dan Hong mengatakan bahwa tanggapan yang didapatkannya sangat positif. Jelas bahwa Samsung memang bertujuan untuk membangun komunitas seperti Apple App Store, dengan pembagian keuntungan yang sama 70-30.

Vendor raksasa asal Korea ini memang akan terus mengejar strategi multi-platform, tapi bada akan mengambil peranan paling penting dalam rencana smartphone jangka panjang mereka.

Hong juga menekankan pentingnya hardware smartphone, dengan menunjuk sejumlah faktor yang mempengaruhi pembeli selain sistem operasi, yaitu seperti desain dan harga. Dan Samsung akan terus memanfaatkan keunggulan teknologi mereka selaku perusahaan elektronik dan semi konduktor terbesar di dunia untuk diterapkan pada perangkat bada di masa depan agar terus unggul dibanding para pesaingnya dalam hal fitur dan hardware. Seperti misalnya layar Super AMOLED, Samsung baru akan menjualnya ke vendor lain setelah mereka menemukan jenis layar yang lebih canggih lagi. Saat ini, hampir semua layar jenis AMOLED yang digunakan oleh ponsel di seluruh dunia adalah buatan Samsung.

Phil Northam, manajer pemasaran global di Samsung, menambahkan bahwa Samsung ingin membuka sebuah pasar baru dan mencapai "core following" seperti halnya Apple. Apple sendiri adalah mitra terbesar Samsung, karena hampir sebagian besar komponen hardware pembentuk perangkat iPhone, iPad dan iPod seperti layar, chip processor maupun memori adalah buatan Samsung.

Samsung juga mengharapkan akan ada dua kali upgrade software untuk bada dalam setiap tahunnya. Bila memang ada versi baru dari bada, semua perangkat bada yang sekarang juga akan bisa diupgrade ke OS baru ini via Samsung Kies di PC. Dan akan ada upgrade software via Over-the-Air (OTA) sejak bada versi 1.2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar