Selasa, 07 Desember 2010

Integrasi Adobe Flash Player di Platform bada


Event Samsung bada Developer Day di London telah dihadiri oleh semua perusahaan yang bergerak di bidang teknologi serta para insinyur dan pakar teknologi yang ingin belajar banyak tentang platform baru bada dari Samsung ini. Dalam acara ini, tidak lupa Samsung memberikan Samsung Wave gratis untuk setiap orang yang hadir. Hal ini bisa menjadi tawaran yang menarik bagi beberapa nama besar di dunia mobile. Wakil Presiden/Ph.D. dari Service Platform Group dan arsitek kepala dari platform bada Justin Hong berada di pertemuan ini. Berikut ini wawancara dengan Justin tentang integrasi Adobe Flash Player di platform bada.


 T: Bisakah bada menjalankan Flash Player pada browser, dan jika bisa, versi berapa yang dijalankan?
J: Bada mendukung plugin Flash Player di browser dan UI aplikasi asli dapat diprogram/diberi animasi dengan menggunakan Flash Lite API.

Samsung Wave dilengkapi dengan Adobe Flash Player 9.1.1 secara pre-installed. Samsung Wave juga telah terinstal dengan Adobe Flash Lite 3.1. Kita masih menunggu verifikasi dari Adobe & Samsung.

T: Apakah bada akan mendukung Adobe Flash Player 10.1 dan akselerasi hardware?
J: Ya dan ya.

Saya menduga Flash Player di bada akan diperbarui untuk versi 10.1 di akhir tahun ini. Hal itu tersirat di konferensi bahwa bada akan mendukung Adobe Flash Player 10.1 tahun ini dan saya juga diberitahu akan ada dua update platform sebelum akhir 2010.

T: Berkenaan dengan Open Screen Project, seberapa dekat Samsung telah bekerjasama dengan Adobe?
J: Saya belum yakin atas status dari hubungan Samsung dengan Open Screen Project.

T: Bagaimana pandangan Samsung pada masa depan web dan apa saja rencana Samsung untuk mendukung teknologi web baru?
J: Samsung berencana mendukung web sebanyak mungkin sesuai dukungan perangkat keras yang memungkinkan. Saat ini, beberapa teknologi web terlalu maju untuk hardware tetapi ini akan berubah di masa mendatang.

Kata Justin Samsung memiliki pandangan terbuka untuk web dan tidak ingin membatasi pengembang dengan cara apapun. Mereka akan melakukan berbagai upaya yang terbaik untuk mendukung semua teknologi baru sebanyak mungkin. Mereka juga bekerja terhadap dukungan HTML5 secara penuh.

T: Apakah bada mendukung Adobe AIR secara runtime?
J: Pada saat ini AIR agak sedikit berat, tapi setelah perangkat keras menjadi lebih baik dan AIR menjadi lebih dioptimalkan, Samsung berencana untuk mendukungnya pada platform bada.

Samsung tidak akan menggunakan teknologi yang tidak bisa ditangani oleh perangkat keras secara maksimal. Saya pikir mereka melakukan hal ini untuk melindungi stabilitas dan kecepatan dari platform bada. Secara pribadi, saya juga masih belum melihat aplikasi AIR dapat berjalan pada Android. Mungkin ini adalah alasan mengapa belum ada teknologi AIR pada rilis bada yang sekarang.

T: Seberapa sering kita bisa mengharapkan update sistem operasi untuk platform bada?
J: Kami berencana untuk memperbarui SDK sebulan sekali dan kami berharap ada update platform bada 2 kali per tahun.

Sebagai kesimpulan, bada memiliki masa depan yang menjanjikan. Mereka telah melakukan pekerjaan yang besar dengan memberikan dukungan untuk pengembang dengan SDK yang beragam dan komunitas yang kuat. Mereka juga menghabiskan waktu untuk mengembangkan sebuah model bisnis yang kuat di platform mereka. Bada adalah apa yang benar-benar diharapkan dari sebuah platform mobile.

Akan ada 2 rilis update dari platform bada yang dijadwalkan untuk tahun ini dan saya berharap mereka akan membantu menyelesaikan semua masalah usability. Perkembangan perangkat keras yang terus menjadi lebih baik akan membuat lahirnya beberapa hal yang menakjubkan dalam hal gaming dan aksesibilitas web dari Samsung bada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar