Selasa, 07 Desember 2010

Gmail untuk Mobile pada Browser Smartphone bada


Diperkirakan ada 100 juta pengguna Gmail dan anda mungkin salah satu dari mereka seperti halnya saya. Ada beberapa pilihan untuk mengakses email dengan akun Gmail (aplikasi asli, widget, Google ActiveSync, dll) tapi kali ini saya akan sedikit menjelaskan Gmail secara khusus di browser ponsel.

Gmail untuk mobile dapat diakses melalui http://m.gmail.com, dan masih banyak cara lain untuk sampai ke sana. Apa yang membuatnya menyenangkan terutama saat digunakan pada Browser Dolfin 2.0 di Samsung Wave yang cukup cepat, mendukung multi-touch dan banyak lagi. Kita juga akan menemukan bahwa banyak layanan Google lainnya yang berjalan dengan lancar dengan browser ini juga. Berikut ini penjelasan beberapa fungsi Gmail Mobile pada browser Dolfin 2.0:


Inbox

Inbox cukup standar: email terdaftar menurut tanggal penerimaan dengan opsi untuk memilih beberapa pesan, "favorite" email serta tombol link untuk Reload, Menu, Compose dan tentu saja, mengklik pada email itu sendiri untuk membacanya.


 

Folder

Tombol Menu mengarah ke halaman di mana folder account akan ditampilkan. Hal ini tidak ditampilkan di sini, tetapi ketika pengguna membuat folder sendiri sekalipun tetap dapat diakses setelah bergulir lebih lanjut.



Compose

Membuat email baru biasanya akan menemui sejumlah bidang yang harus diisi. Yang saya ditemukan disini benar-benar menarik karena ada fitur auto-complete untuk alamat email, yang pastinya merupakan fitur yang diberikan oleh Dolphin Browser. Fitur menarik lainnya termasuk mampu menyimpan sebagai draft (konsep), Discard (buang) dan Send (kirim). Saya menyukai adanya beberapa tombol yang berulang di bagian bawah halaman untuk mencegah harus menggulir ke seluruh halaman lagi. Hal-hal kecil yang bisa memudahkan.




Advanced Options

Dalam beberapa kasus seperti ketika pesan dipilih dari tampilan daftar, kotak pilihan menu muncul untuk memberi opsi tambahan (report spam, delete, archive, label, mark as un/read) seperti yang ditunjukkan di bawah ini.




Edit Option

Browser Dolphin 2.0 memungkinkan penyorotan teks untuk tujuan penyalinan, penerjemahan dan pencarian. Ini merupakan fitur yang cukup bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna terhadap Gmail Mobile.




Google Mobile help

Jika kita menemui setiap masalah atau ingin mencari info lebih lanjut tentang layanan ini, halaman Google Mobile help adalah pilihan terbaik.

  

Secara umum saya benar-benar menyukai pengalaman menggunakan Google Mobile di browser ini dan pasti akan menggunakannya di saat-saat push email bukan merupakan pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar