Senin, 13 Desember 2010

Bagaimana memafaatkan layanan Google Sync pada Smartphone bada


Salah satu ketakutan terbesar yang selalu menghantui saat ingin membeli sebuah handset baru adalah bagaimana untuk mendapatkan semua kontak kita yang ada dari ponsel yang lama ke yang baru. Google telah memberi solusi untuk bisa mengatasi masalah ini dengan layanan Google Sync yang memungkinkan Anda untuk menyinkronkan kontak Gmail di berbagai platform smartphone dan bahkan beberapa perangkat multimedia. Tapi bagaimana dengan perangkat yang menggunakan sistem operasi baru seperti Samsung bada yang baru-baru ini telah hadir di Indonesia?

Platform bada secara resmi memang tidak didukung oleh Google Sync seperti perangkat Android (karena bagaimanapun Google akan menerapkan layanan eksklusif untuk platform buatannya sendiri), namun ada sedikit cara yang sangat sederhana yang membuat layanan ini bisa bekerja dengan sempurna di semua deretan model dari Samsung Wave. Logikanya itu berarti saya harus mencoba di semua perangkat bada juga, namun langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut mungkin akan berlaku untuk semua smartphone bada terutama untuk Wave.

* Mulailah dengan menekan tombol home yang akan membawa Anda ke menu utama dari ponsel

* Pergi ke pilihan Email dan pilih Exchange ActiveSync (untuk account baru)


* Masukkan alamat email Anda, username, password, tapi tinggalkan nama domain tetap kosong. Kemudian pilih Next.


* Ponsel ini akan masuk ke mode pemeriksaan dan verifikasi, kemudian setelah itu akan meminta url server, ketik m.google.com dan pilih untuk SSL.


* Pilih contact dan task sync

* Ponsel sekarang akan mulai mensinkronisasi data Anda secara langsung. Proses ini tidak akan memakan waktu yang lama hingga beberapa menit, tapi tentu saja akan tergantung pada berapa banyak contacts dan tasks yang Anda miliki di Kontak dan Kalender dari akun Gmail Anda

Itu saja. Dan sekarang Anda sudah memiliki semua kontak Gmail Anda pada smartphone bada Anda. Sederhana, bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar