Senin, 26 Agustus 2013

Samsung tempatkan kamera 16MP untuk smartphone high-end tahun depan


Samsung Electronics akan menempatkan modul kamera 16 megapiksel (MP) pada smartphone andalannya mulai awal tahun depan. Sebelumnya Samsung telah menggunakan produk 16MP pada beberapa smartphone khusus seperti Galaxy S4 zoom, tetapi mulai tahun depan akan berada di semua model premium sebagai salah satu modal untuk bersaing dengan pesaingnya di pasar smartphone.

Menurut situs teknologi ETNews hari ini, Tim Pengembangan Hardware Advanced dari Divisi Bisnis Wireless di Samsung Electronics sedang mengembangkan modul smartphone dengan modul kamera 16MP yang dijadwalkan akan diluncurkan Maret mendatang. Untuk memenuhi jadwal pengembangan Samsung Electronics, SONY diketahui telah memindahkan jadwal rilis untuk CMOS Image Sensor (CIS) 16MP dengan Back Side Illumination (BSI).

Modul kamera 16MP juga akan datang dengan fungsi Optical Image Stabilization (OIS). Pada awalnya Samsung Electronics ingin mengadopsi fungsi OIS untuk Galaxy Note 3, tapi jadwal itu ditunda karena masalah dengan pasokan komponen. Fungsi OIS diimplementasikan dalam aktuator auto fokus (AF), tetapi pasokan dari aktuator AF OIS masih belum lancar. Hysonic dan Jahwa Elektronics dari Korea dan Mitsumi dari Jepang adalah satu-satunya perusahaan yang berhasil mengembangkan aktuator AF OIS. Kapasitas produksi AF OIS dari perusahaan Korea diharapkan akan meningkat mulai awal tahun depan.

"Samsung Electronics, yang harus mendapatkan puluhan juta komponen, tidak bisa untuk tidak merasa gelisah tentang rantai pasokan ini," kata seorang pejabat Samsung Electronics. "Inilah sebabnya mengapa fungsi OIS telah terinstal pada produk G2 dari LG Electronics, tetapi tidak dapat ditemukan pada Galaxy Note 3."

Samsung Electronics akan menyelesaikan pengembangan modul kamera 16MP pada akhir tahun ini, dan melakukan uji-produksi pada lini mereka sendiri di Divisi Bisnis Wireless mulai awal tahun depan. Tampaknya produksi pilot atau prototype akan dilakukan pada lini produksi internal, dan produksi massal akan diurus oleh Samsung Electro-Mechanics.

Dengan keinginan yang besar dari Samsung Electronics untuk bisa melakukan komersialisasi modul kamera terbaru ini, produk 16MP diharapkan menjadi spesifikasi dasar untuk smartphone premium mulai tahun depan. Setelah rampung, struktur dari industri modul kamera di Korea diperkirakan akan terdorong untuk melalui perubahan besar juga.

Samsung Electro-Mechanics telah menjadi pemasok tunggal dari modul kamera 13MP untuk Samsung Electronics, namun Samsung Electronics diperkirakan akan meningkatkan jumlah pemasok tahun depan. Jika Samsung Electro-Mechanics memilih berkonsentrasi dalam produksi massal modul kamera 16MP, pengadaan untuk produk 13MP dibawahnya akan menjadi tidak stabil.

Samsung Electronics baru-baru ini telah meningkatkan jumlah pemasok untuk modul kamera 8MP untuk mengisi kekosongan setelah Samsung Electro-Mechanics memilih untuk berkonsentrasi pada modul kamera 13MP. Sekitar tiga bulan lalu, beberapa vendor, termasuk Partron, Cammsys dan Powerlogics, telah disetujui sebagai pemasok modul kamera 8MP. Beberapa dari mereka saat ini telah bekerja sama dengan Samsung Electronics untuk mendapatkan persetujuan untuk produksi 13MP.

"Jika Samsung Electronics meningkatkan jumlah pemasok modul kamera 13MP, itu akan menjadi kesempatan besar bagi vendor, tetapi juga dapat menjadi racun bagi mereka," kata seorang pejabat industri. "Investasi dengan modal besar sangat diperlukan disini, dan jika hasil proses yang stabil di awal, mereka mungkin akan mengalami krisis."


Via ETNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar