Senin, 12 Agustus 2013

Cheil Industries akuisisi Novaled AG


Cheil Industries, sebuah perusahaan komponen elektronik terkemuka di industri layar yang berada di bawah naungan Samsung Group, dan Novaled AG, penyedia teknologi dan komponen OLED kelas dunia, pada hari Jumat (9/8) kemarin mengumumkan bahwa Cheil Industries telah mengakuisisi mayoritas saham di Novaled dalam transaksi senilai 260 juta euro atau sekitar 3,6 triliun rupiah.

Cheil Industries pada 9 Agustus yang lalu telah menandatangani perjanjian mengikat untuk mengakuisisi saham mayoritas sekitar 50% di Novaled. Samsung Electronics akan mengakuisisi sekitar 40%, dan 10% saham yang tersisa di Novaled saat ini akan dipegang oleh Samsung Venture Investment yang akan mempertahankan kepemilikan saham saat ini. Transaksi ini memberi Novaled dengan nilai total perusahaan sebesar 260 juta euro termasuk pembayaran kontingen sebesar 30 juta euro, yang bersyarat untuk mencapai tonggak tertentu.

CEO dari Cheil Industries Park Jong-Woo mengatakan: "Kepemimpinan dalam pasar layar masa depan akan ditentukan oleh kapasitas teknologi", dan "Akuisisi ini diharapkan dapat menghasilkan sinergi yang signifikan dalam generasi baru bahan R&D OLED dan akan memainkan peran penting dalam meningkatkan posisi Cheil di pasar industri sebagai pemimpin global dalam komponen elektronik."

Novaled sebelumnya yang menjual sahamnya kepada sekelompok investor keuangan dan individu, termasuk eCAPITAL entrepreneurial Partners AG, Zweite TechnoStart Ventures Fonds GmbH & Co. KG, Omnes Capital, TechFund Europe Management S.A.S., Innovation Capital S.A.S., KfW, Dresden Fonds GmbH and TUDAG TU Dresden AG, diantara lainnya.

"Transaksi dengan Cheil Industries dan Samsung Electronics melengkapi kemitraan yang dimulai pada 2011 dengan Samsung Venture Investment menjadi investor strategis di Novaled. Pada akhirnya, jalur proses ganda dengan persiapan listing paralel di NASDAQ menyebabkan tidak hanya untuk solusi terbaik untuk Novaled tetapi juga salah satu investasi modal ventura paling sukses di Jerman," kata Paul-Josef Patt, CEO eCAPITAL dan pemimpin investor sejak awal 2009.

"Ini menandai awal dari sebuah era baru bagi pengembangan Novaled, baik dari sisi pasar layar dan lightning. Setelah 2005 investor utama dalam Novaled, dan memiliki kontribusi terhadap keputusan strategis utama perusahaan, kami menyambut merger dengan Cheil Industries," kata Michel de Lempdes, Partner di Omnes Capital.

Sebagai bagian dari transaksi, Cheil Industries dan Samsung Electronics juga akan mengakuisisi saham mitra pendiri Novaled. "Transaksi ini merupakan tonggak penting dalam pengembangan Novaled: bukti kemampuan Teknologi Doping untuk memajukan kinerja perangkat OLED. Dengan pemikiran target ini, kita telah mendirikan Novaled pada tahun 2001," kata Dr Jan Blochwitz-Nimoth.

Novaled AG adalah pemimpin di area OLED, yang mengkhususkan diri dalam struktur OLED dengan efisiensi tinggi, dan ketahanan lama hingga seumur hidup. Melalui kombinasi konduktivitas organik teknologi doping, bahan eksklusif dan keahlian pengembangan stack OLED, Novaled menawarkan solusi layar OLED dan produksi lightning atau lampu yang disesuaikan untuk mengoptimalkan kinerja, efisiensi daya, stabilitas dan umur produk sekaligus mengurangi kompleksitas manufaktur dan biaya. Pada 2012, pendapatan yang dihasilkan dari Novaled mencapai 26 juta euro.

Novaled telah mengembangkan kemitraan jangka panjang dengan pemain OLED utama di seluruh dunia - yang kuat IP posisi dalam teknologi OLED didasarkan pada lebih dari 500 paten diberikan atau tertunda. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2001 melalui spin-off dari Dresden University of Technology dan Fraunhofer Institute of Dresden.

Melalui akuisisi Novaled, Cheil Industries akan dapat memimpin perubahan di pasar OLED dengan memanfaatkan teknologi Novaled dan paten, dan berhasil memposisikan diri untuk fase baru pertumbuhan sebagai pemimpin pasar global dalam komponen layar. Menurut DisplaySearch, pasar OLED global diperkirakan akan tumbuh pesat dari US$6,8 miliar pada 2012 menjadi US$20 miliar pada 2017. Cheil Industries berencana untuk menumbuhkan aktivita R&D yang ada di Novaled dan berkonsentrasi untuk bagian utama dari strategi R&D OLED di Dresden.

"Dengan dukungan dari investor keuangan dan pemangku kepentingan publik Novaled telah dikembangkan untuk menduduki posisi sebagai pemimpin OLED dunia," kata Gildas Sorin, CEO Novaled. "Kami sangat senang menyambut Cheil Industries dan Samsung Electronics sebagai pemilik baru kami. Cheil Industries dan Novaled saling melengkapi - aliansi akan membantu kedua belah pihak untuk berkontribusi dan sepenuhnya memanfaatkan kekuatan untuk kepentingan seluruh industri OLED."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar