Kamis, 04 April 2013

Paska akuisisi, Sharp kini menjadi pemasok LCD Samsung


Berkat suntikan modal oleh Samsung Electronics, Sharp mengubah lini produksi LCD miliknya dengan cepat, dengan fokus pada permintaan yang datang dari Samsung Electronics. Bahkan pabrik yang dulu didedikasikan untuk memasok layar buat Apple juga mulai dialihkan untuk Samsung. Dengan ini, topologi pasar layar kini diharapkan bisa berubah lebih cepat daripada yang diantisipasi oleh banyak orang.

Sharp sebelumnya selalu fokus pada panel LCD untuk perangkat mobile dan TV layar besar, tetapi menurut sumber industri, pembuat layar terbaik di Jepang ini baru-baru ini memutuskan untuk menambahkan panel LCD untuk notebook dan monitor untuk memasok ke Samsung. Pada pabrik panel LCD yang sebelumnya pernah didedikasikan untuk membuat panel LCD buat iPad kini mulai dialihkan untuk memproduksi dan mengirimkan panel 30-inci buat TV Samsung.

Perubahan terbesar adalah pada produksi panel monitor. Sharp telah menghasilkan beberapa panel untuk notebook dan TV 30-inci, tetapi tidak pernah untuk monitor. Mulai dari paruh kedua tahun ini, Sharp akan memulai untuk produksi panel monitor.

Sharp juga meningkatkan pasokan panel notebook. Pernah sekali memproduksi panel untuk Apple MacBook, tetapi produksi panel notebook ini kemudian ditangguhkan sejak paruh kedua tahun 2011. Sharp baru-baru ini kembali akan memproduksi panel layar notebook, setelah Samsung Display mulai mengurangi volume produksi panel notebook miliknya untuk fokus pada pasar tablet.

Lini produksi panel TV Sharp juga beragam. 80% dari panel TV Sharp adalah dari 40-inci sampai 42-inci dan 60-inci+, tetapi kini mulai memproduksi panel TV 32-inci untuk Samsung. Dengan Sharp, Samsung Electronics sekarang memiliki pemasok panel TV alternatif selain dari pabrikan Taiwan dan mengurangi ketergantungannya pada Samsung Display.

1 komentar:

supiani mengatakan...

Wah keduluan samsung lagi, sama" untunglah samsung dapat lcd layar IGZO Sharp dapat dana cair.

Posting Komentar