Minggu, 21 April 2013

Layar OLED fleksibel akan diluncurkan akhir tahun ini?


Samsung Electronics akan meluncurkan produk mobile baru yang menggunakan layar OLED plastik UBP (unbreakable/anti pecah) di pameran elektronik IFA 2013 di Berlin, Jerman, pada bulan September mendatang dan berencana untuk meluncurkan produk ini pada kuartal keempat 2013.

Menurut info dari OLED Association, Samsung Display akan menggunakan substrat plastik dengan matriks aktif LTPS dan OLED berpola RGB. Konsumen Samsung diharapkan akan dapat menikmati layar plastik berbasis UBP OLED yang terintegrasi, misalnya ke Galaxy NOTE 3.

Dibandingkan dengan substrat kaca bertipe AMOLED, layar fleksibel memiliki faktor bentuk yang tipis dan ringan, sehingga memiliki ukuran yang lebih kecil dan mobilitas yang tinggi. Ukuran layar juga diharapkan berkisar dari 5,5-inci sampai dengan 6,x-inci.

Layar UBP OLED bisa mengurangi baik berat dan ketebalan secara signifikan, dibandingkan dengan LCD dan substrat AMOLED dari kaca. UBP OLED memiliki ketebalan cuma 0,5 mm dibandingkan dengan LCD dengan 3,2 mm. Dalam hal bobot, LCD 3x lebih berat dengan 160g, sedangkan OLED konvensional 2X lebih berat dengan 100g daripada UBP OLED. UBP OLED dibangun menggunakan enkapsulasi film tipis dan PI (Polimida) backplane sedangkan substrat kaca OLED menggunakan enkapsulasi kaca dan kaca penutup.


Menurut banyak sumber berita, Samsung Display berencana untuk menghasilkan resolusi full HD dengan Real RGB, namun jika seandainya plastik OLED ini akan terintegrasi dengan, misalnya Galaxy NOTE 3, baru akan terjadi pada Q4 2013, karena sebelumnya Samsung Display tidak akan mampu memproduksinya dalam jumlah besar sebelum Q4 2013. Lini produksi saat ini melalui jalur ekstensi A2 untuk layar fleksibel diperkirakan tidak akan mencapai produksi massal sampai Q3 2013 sehingga volume produksi akan terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar