Jumat, 15 Maret 2013

Smartphone TIZEN akan menjadi produk terbaik dari sisi hardware dan software


Samsung telah meluncurkan smartphone terbarunya Galaxy S4 di Radio City Music Hall, New York, Amerika Serikat, hari ini. Namun di tengah eforia produk baru tersebut, eksekutif Samsung menyempatkan wawancara dengan berbagai media untuk memberikan sedikit petunjuk tentang smartphone TIZEN yang akan menjadi produk premium yang hadir menjelang akhir tahun ini.

Dalam wawancara dengan The Wall Street Journal, Presiden Samsung Electronics untuk divisi IT & Mobile (IM) Shin Jong-kyun (JK Shin) mengatakan: "Kami sedang dalam proses penggabungan bada dengan TIZEN. Anda mungkin akan melihat smartphone pertama yang menggunakan TIZEN dari Samsung pada kuartal ketiga tahun ini."

Lee Young-hee
Di tempat lain, Senior Vice President of Global Marketing Group of Samsung Mobile Communications Business Lee Young-hee, mengatakan kepada Bloomberg bahwa smartphone TIZEN akan hadir di pasaran paling cepat bulan Agustus atau September, sama seperti yang pernah dikatakan oleh Philippe Barthelet, Vice President Samsung Perancis saat Samsung Forum 2013 awal Februari kemarin di Monaco.

"Smarphone TIZEN akan keluar pada bulan Agustus atau September, dan produk ini akan berada dalam kategori high-end," kata Lee Young-hee. "Perangkat ini akan menjadi produk terbaik yang dilengkapi dengan spesifikasi terbaik," tambahnya.

Sementara menurut pejabat Samsung Electronics dari divisi Software di Media Solution Center (MSC) yang kita temui, Samsung Unpacked "Episode 1" untuk Galaxy S4 adalah juga peluncuran ekosistem konten milik Samsung Electronics yang akan memulai edisi baru tahun ini, untuk semakin mengurangi ketergantungan pada layanan Google di Android. S Hub atau Samsung Hub akan menyatukan semua konten milik Samsung sendiri dan layanan berbagi antar perangkat.

"S Hub akan datang dengan layanan hub integrasi hub versi baru yang pertama kali akan Galaxy S4," kata pejabat dari MSC. "Secara prinsip layanan ini akan hadir di rumah (Korea) dan luar negeri."

S Hub, Samsung Apps dan AllShare sekarang memang diperuntukkan untuk perangkat Android, namun menurut pejabat ini nantinya juga akan tersedia di perangkat TIZEN, termasuk semua fitur-fitur baru yang ada pada Galaxy S4 seperti pada kamera, layar dan layanan messaging ChatON baru yang menghadirkan Video Chatting/mVoIP, game dan S Translator.

"Ini adalah layanan konten baru yang menarik yang dirancang untuk menawarkan pengguna kami pengalaman penggunaan konten terbaik dari industri kami hari ini. Fokus kami adalah terus berinovasi di beragam produk dan layanan yang memenuhi harapan pengguna," kata Dr Hong Won-pyo, Presiden dan Kepala MSC.

S Health, Reader Hub, Music Hub, Learning Hub, Games Hub adalah layanan hub berbasis dari konten milik sendiri, dan Samsung Electronics juga akan bekerjasama dengan operator telekomunikasi untuk operasional dari setiap layanan hub yang ditawarkan pada smartphone TIZEN yang akan hadir pada paruh kedua tahun ini.

"Bisnis Samsung Mobile sekarang pada puncaknya," kata seorang pejabat Samsung. "Ini adalah keuntungan besar dibandingkan dengan pesaing kita dalam bernegosiasi dengan operator dan kesempatan untuk meningkatkan suara Anda," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar