Selasa, 19 Maret 2013

Samsung siapkan jam tangan cerdas sebagai aksesoris masa depan


Samsung Electronics sedang mengembangkan sebuah jam tangan cerdas untuk menciptakan tren industri baru sebuah perangkat yang bisa dipakai sebagai aksesoris fashion yang bisa melakukan tugas yang sama seperti smartphone.

"Kami sudah mempersiapkan produk jam tangan ini begitu lama," kata Lee Young-hee, Senior Vice President of Global Marketing Group of Samsung Mobile Communications Business, selama wawancara di Seoul dengan Bloomberg. "Kami bekerja sangat keras untuk bersiap-siap untuk itu. Kami sedang mempersiapkan produk untuk masa depan, dan jam tangan pastinya adalah salah satunya."

Lee tidak berkomentar pada fitur apa yang mungkin dimiliki oleh jam tangan ini, berapa harganya dan kapan itu akan mulai dijual. Lee sebelumnya juga mengatakan bahwa perusahaannya sudah berencana untuk merilis tiga smartphone high-end tahun ini - termasuk Galaxy S4 yang baru diresmikan minggu lalu dan yang lainnya akan menggunakan sistem operasi TIZEN - untuk bersaing dengan Apple di pasar global yang semakin melambat.

"Perlombaan sekarang adalah pada mendesain ulang smartphone menjadi sesuatu yang bisa Anda kenakan," kata Marshal Cohen, seorang analis di NPD Group du Port Washington, New York. "Kita akan melihat kompetisi tangguh yang datang dari berbagai arah -- dari pembuat perangkat, pembuat aksesori, bahkan perancang busana."

"Masalahnya di sini adalah siapa yang pertama kali akan menjualnya sehingga konsumen dapat menggunakannya," kata Lee Young-hee.

Harga jam tangan cerdas di bawah $200 (sekitar 2 juta rupiah) akan menjadi salah satu kunci untuk menarik pengembang, kata Laurence Balter, kepala strategi investasi di Investment Research Oracle di Fox Island, Washington. Ia memperkirakan bahwa seperempat dari pengguna smartphone dan tablet Samsung yang ada akan tertarik menggunakan perangkat seperti jam tangan cerdas atau smart watch ini.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar