Selasa, 26 Februari 2013

Samsung ingin gandakan penjualan tablet, konvergensi perangkat melalui TIZEN dan membuat platform game tahun ini


Samsung Electronics berniat untuk menggandakan penjualan tablet PC komputer tahun ini. "Pasar tablet PC diperkirakan akan tumbuh 50 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Samsung bertujuan untuk melipatgandakan penjualan dan fokus pada pasar tablet PC," kata Shin Jong-kyun atau JK Shin, Presiden Samsung Electronics untuk divisi IT & Komunikasi Mobile, pada konferensi press Mobile World Congress (MWC) 2013 di Barcelona, Spanyol, hari Minggu (24/2) kemarin.

Pernyataannya ini datang sebagai upaya Samsung untuk meningkatkan kehadirannya di pasar tablet PC global yang sebagian besar didominasi oleh Apple iPad.

Mengingat bahwa di tahun 2012 penjualan tablet PC Samsung mencapai 17,7 juta unit, menurut perkiraan oleh analis pasar IDC, target penjualan Samsung untuk tahun ini kemungkinan akan melebihi 30 juta unit.

Ketika ditanya kapan Samsung percaya bahwa mereka akan menjadi produsen tablet terbesar dunia, JK Shin mengatakan, "Hanya Tuhan yang tahu. Saya percaya bahwa jika kita berusaha keras, hari itu akan datang. Tapi kita tidak akan fokus pada pangsa pasar."

JK Shin juga mengatakan bahwa Samsung berencana untuk fokus pada segmen enterprise dengan semakin banyaknya perusahaan yang mengadopsi perangkat cerdas seperti smartphone dan tablet lewat Bring Your Own Device (BYOD).

Ketika ditanya tentang prospek untuk pasar smartphone tahun ini, Presiden Shin mengatakan "Long Term Evolution (LTE) akan terjadi ledakan terbesar di pasar tahun ini," dan "kami akan terus menjalankan kinerja yang baik mirip dengan tahun lalu," tanpa menentukan angka target penjualan.

Adapun tentang kemajuan perusahaan-perusahaan asal China meningkat termasuk Huawei Technologies dan ZTE, Presiden Shin menjawab: "tidak peduli di mana pesaing berasal," dan "yang penting adalah apakah kita dapat terus berinovasi."

Juga saat di konferensi press, Hong Won-pyo, Presiden Samsung Electronics untuk Media Solution Center (MSC) mengatakan bahwa perusahaanya berencana untuk memiliki platform terpadu yang menghubungkan semua perangkat secara mulus yang didukung oleh konvergensi yang kuat di televisi, smartphone dan tablet.

"Tujuan kami adalah untuk menjadi penyedia platform untuk pengembang," kata Hong, sambil menambahkan bahwa pihaknya berencana untuk menghadirkan platform game juga. Dia juga menyatakan harapannya untuk membentuk sebuah ekosistem yang aktif melalui TIZEN, sebuah sistem operasi open source yang sedang dikembangkan bekerja sama dengan Intel.

Dia menekankan pentingnya memiliki konten yang cukup untuk membuat ekosistem dan mengatakan kalau Samsung saat ini memiliki mitra seperti Paramount, Universal, dan Warner Brothers untuk memastikan hal ini.

"Kami juga memiliki hubungan dekat dengan penyedia konten dengan portofolio video yang kuat di berbagai daerah," kata Hong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar