Rabu, 11 Juli 2012

Smartphone TIZEN pertama Samsung akan menggunakan layar Super AMOLED Plus HD


Dalam rangka untuk mengurangi ketergantungan pada sistem operasi mobile Android dari Google, Samsung Electronics akan meluncurkan smartphone berbasis TIZEN menjelang akhir tahun ini. Smartphone TIZEN pertama dari Samsung ini akan menggunakan layar resolusi tinggi Super AM-OLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) Plus HD, yang menjadikannya sebagai ponsel pertama di dunia yang akan menggunakan layar model terbaru ini. Namun untuk menarik konsumen, model ini akan dijual dengan harga yang rendah seperti model non-premium lainnya di pasaran.

Sumber resmi dari Samsung Electronics hari ini mengatakan bahwa smartphone ini dimaksudkan memang untuk bersaing dengan smartphone lainnya yang berbasis Android. "Samsung Electronic pada akhir tahun ini berencana meluncurkan smartphone TIZEN dengan layar Super AMOLED Plus," katanya sambil menambahkan: "Dan akan dipasarkan secara lebih atau kurangnya seperti pemasaran pada smartphone OS Android."

Smartphone TIZEN ini merupakan salah satu proyek ambisius Samsung untuk tahun ini. Spesifikasi unggulan memang akan dipusatkan pada layar ponsel, terutama pada Super AMOLED Plus yang menggunakan reguler RGB (Red Green Blue) matriks 3 subpixels.

Dibandingkan dengan layar Super AMOLED generasi awal yang menggunakan Pentile Matrix seperti yang digunakan untuk produk Android seperti Samsung Galaxy SIII dan Galaxy Note, Super AMOLED Plus memiliki peningkatan lebih dari 50% sub-pixels (Super AMOLED biasa hanya menggunakan 2 subpixels) yang menjadikannya mampu memancarkan warna lebih natural dan lebih tajam. Layar jenis ini juga lebih tipis, lebih cerah, lebih hemat daya (18%) serta lebih sensitif dengan sentuhan.

Dulu Samsung merilis smartphone bada pertama Samsung Wave (model: GT-S8500) sebagai produk pertama yang menggunakan layar Super AMOLED dan prosesor Hummingbird. Prototype smartphone TIZEN pertama untuk pengembang, Samsung GT-i9500 Frazer, yang telah dirilis untuk pengembang TIZEN juga menggunakan layar Super AMOLED Plus dengan resolusi HD (1280x720 piksel). Dan kini bukan sesuatu yang mengejutkan jika Samsung menggunakan smartphone TIZEN pertama untuk konsumen sebagai produk pertama yang menggunakan layar Super AMOLED Plus HD.


Pakar industri di Korea yang dekat dengan orang dalam menyatakan harapan besarnya untuk smarphone pertama TIZEN ini: "Proyek TIZEN yang dikerjakan bersama oleh Samsung Electronics, Intel, Huawei, NTT DoCoMo, Sprint, Vodafone, dan lainnya bisa membuat efek riak yang besar, tidak seperti OS bada sebelumnya yang hanya didukung oleh Samsung."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar