Senin, 09 Juli 2012

Smart TV SDK 3.5 mungkinkan pengembang berkreasi dengan konvergensi


Untuk memperkuat dukungan untuk pengembangan aplikasi Smart TV, Samsung Electronics pada 29 Mei yang lalu telah merilis Smart TV Software Development Kit (SDK) versi 3.5. Versi baru dari SDK ini telah ditingkatkan sehingga pengembang aplikasi Smart TV dapat mengeksplorasi segmen "Smart Interaction" dengan sangat mudah dan efektif. Smart Interaction adalah salah satu fitur unggulan untuk produk Samsung Smart TV di tahun 2012.

SDK 3.5 mendukung pengembangan aplikasi berbasis Javascript dan Flash untuk produk Smart TV yang dirilis pada tahun 2012. Selain itu, versi 3.5 dari Smart TV SDK memungkinkan pengembang aplikasi TV untuk fokus pada pengembangan fitur konvergensi antara Smart TV dan perangkat mobile seperti smartphone maupun Smart Camera. Kontrol interaktif yang lebih canggih antara TV dan perangkat mobile yang tersedia, bersama dengan aplikasi yang memungkinkan beberapa pengguna untuk menikmati TV gaming secara bersama akan tersedia dalam waktu dekat.

Tim Samsung Smart TV yang berbasis di Ocean Center di Seoul mengatakan bahwa melalui SDK 3.5, mereka menawarkan apa yang disebut sebagai Integrated Development Environment (IDE) dimana semakin banyak pengembang aplikasi TV dapat menggali lebih ke dalam membuat terobosan aplikasi yang kreatif dan inovatif dengan lebih nyaman.

Pengembang dapat memilih dari dua IDE yang disediakan, Samsung IDE + Emulator atau Eclipse IDE + Emulator. Untuk fitur baru, Eclipse sekarang didukung sebagai IDE dan InputFramework telah ditambahkan. Untuk InputFramework, Remote Control telah dipisahkan ke dalam proses baru dan pengembang aplikasi dapat mengubah perangkat masukan mereka menggunakan tombol Input Device pada layar emulator.

Samsung berencana untuk mengadakan serangkaian sesi penjelasan atau acara untuk pengembang aplikasi Smart TV yang akan dimulai di China pada paruh kedua tahun ini. Melalui sesi acara ini, tim Samsung smart TV akan mencoba untuk menyoroti kelebihan dari aplikasi interaksi dan konvergensi yang dioptimalkan untuk Samsung Smart TV.

Mengenai aplikasi konvergensi, sebuah aplikasi yang didedikasikan untuk memungkinkan keterhubungan yang interaktif antara Smart TV dan perangkat mobile lainnya, Samsung telah berhasil membangun sebuah platform konvergensi yang canggih yang disebut AllShare Play dan beberapa aplikasi interaksi.


Pada akhir April yang lalu Samsung memamerkan aplikasi Naver Music untuk Smart TV, salah satu aplikasi interaksi dengan fitur music recognition. Aplikasi Naver Music selain memiliki fitur cerdas yang bisa mengenali musik dan akan memberitahu Anda nama artis dan judul lagunya atau merekomendasikan daftar musik yang mungkin ingin Anda nikmati, juga mampu mengenali suara, gerakan, dan wajah dari penggunanya. Terbukti aplikasi ini cukup populer dan menduduki posisi ke-5 dalam daftar peringkat popularitas aplikasi Smart TV hanya dalam waktu dua bulan sejak dirilis.

Anda dapat melihat informasi dan mengunduh Smart TV SDK versi terbaru dari: http://www.samsungdforum.com/Devtools/Sdkdownload

Tidak ada komentar:

Posting Komentar