Jumat, 13 Juli 2012

Samsung diprediksi akan menguasai pasar smartphone China tahun ini

Samsung Wave 3 dalam majalah Easy berbahasa Mandarin

Berdasarkan laporan dari Digitimes asal Taiwan, Samsung diperkirakan akan memimpin pasar smartphone China pada tahun 2012, sementara Nokia merosot dari urutan pertama ke posisi ketujuh. Biro riset ini memprediksikan bahwa penjualan handset akan tumbuh sebesar 9 persen menjadi 430 juta unit pada 2012, dibandingkan dengan 390 juta unit pada 2011. Hampir sepertiga dari ini - sekitar 143 juta unit - adalah smartphone.

China sekarang adalah pasar ponsel sekaligus smartphone terbesar di dunia. Meskipun Samsung asal Korea Selatan, dan Apple dari Amerika Serikat, akan menjadi pemimpin pasar di smartphone, Digitimes mengharapkan empat besar vendor lokal China - Huawei, ZTE, Lenovo dan Coolpad - akan mengambil empat posisi berikutnya. Termasuk Nokia yang akan menutup peringkat "tujuh besar" dengan mengambil 85 persen dari pangsa pasar.


Munculnya merek yang semakin dominan mungkin bukan kabar baik untuk sejumlah besar vendor ponsel yang menurut Departemen Industri dan Teknologi Informasi China, telah diluncurkan sebanyak 2.099 model ponsel baru selama enam bulan terakhir, termasuk 822 model smartphone.

Dalam laporan berjudul "China smartphone market 2012: Trends and analysis," Digitimes mengatakan: "merek lain yang banyak berharap untuk merebut pangsa pasar pada dasarnya akan terbatas untuk bersaing di pasar potensial yang hanya sebesar 15 persen dari pengiriman secara keseluruhan atau sekitar 21 juta handset. Dengan situasi seperti ini, Digitimes memberikan estimasi bahwa banyak merek kecil yang cukup terkenal di China seperti Xiaomi, TCL, Gionee, Tianyu, Oppo dan BBK untuk pengirimannya tidak akan lebih dari satu juta handset saja."


Khusus untuk Samsung, pasar China cukup memberikan kontribusi untuk pengiriman smartphone bada secara global. Berdasarkan laporan dari internal Samsung, China adalah pasar smartphone bada terbesar setelah Prancis. Selain itu banyak pengembang aplikasi bada yang juga berasal dari China sehingga Samsung secara rutin terus mengadakan acara pertemuan pengembang "bada Developer Day" di China.

Prototype raksasa Samsung Wave di salah satu pusat perbelanjaan di China

Via ZDNet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar