Rabu, 11 Januari 2012

Samsung mulai bangun konvergensi di ekosistem Smart TV lewat Samsung Apps


Samsung Apps adalah toko aplikasi terbesar dan paling populer di dunia Smart TV. Konsumen dapat memilih dari lebih dari 1.400 aplikasi global yang menawarkan berbagai macam konten interaktif dan telah disesuaikan untuk kategori seperti video, berita, musik, olahraga, kebugaran, game dan banyak lagi. Dengan pengunduhan rata-rata harian lebih dari 50.000 di seluruh dunia, Samsung Apps telah menjadi pilihan nomor satu untuk platform Smart TV buat pengembang aplikasi dan merek konten premium.


Diantara sekian banyak aplikasi, aplikasi konvergensi akan menciptakan pengalaman yang lebih menarik dan lebih kaya di TV dan perangkat lain seperti tablet, ponsel atau komputer. Aplikasi ini dapat diklasifikasikan sebagai:
  • Aplikasi Pengontrol yang memungkinkan perangkat kedua untuk mengendalikan sebuah aplikasi di TV.
  • Aplikasi Companion yang menggunakan perangkat kedua untuk memberikan informasi tambahan (misalnya melalui situs web dan situs media sosial) yang bisa disinkronkan dan menjadi suplemen apa yang ditampilkan di TV itu sendiri.
  • Aplikasi Interaktif yang mengoptimalkan perangkat kedua untuk layar sekunder, misalnya, memungkinkan pengguna untuk melakukan aksi "pause" pada konten yang ada di TV dan melanjutkan pemutaran pada perangkat lainnya.

Untuk lebih memacu inovasi di industri aplikasi untuk platform Smart TV, Samsung menegaskan kembali komitmennya untuk menyediakan pengembang aplikasi dengan berbagai tool dan informasi yang diperlukan untuk membangun pengalaman interaktif baru untuk Smart TV, terutama karena platform Smart TV ini terus berkembang dengan cepat. Samsung Software Development Kit (SDK) untuk Samsung Smart TV menggunakan SDK tunggal untuk aplikasi di HDTV, Blu-ray player dan Blu-ray Home Theater system, sehingga pengembang hanya perlu menulis aplikasi sekali untuk distribusi ke semua perangkat. Dengan menghilangkan hambatan untuk pengembangan dan monetisasi dari aplikasi akan memungkinkan situasi yang lebih fleksibel untuk pengembang, dimana Samsung telah berhasil membangun sebuah ekosistem yang kuat dan intuitif untuk pengembang platform aplikasi Smart TV.

Fitur baru untuk SDK 3.0 di tahun 2012 ini termasuk dukungan untuk "konvergensi" atau aplikasi multi-layar. Kerangka aplikasi baru akan didasarkan pada HTML5 dan Javascript sehingga lebih banyak pengembang dapat membuat aplikasi konvergensi untuk lingkungan Smart TV. SDK 3.0 juga akan menawarkan perbaikan "Open Convergence Interface" yang mendukung penggunaan perangkat HID seperti mouse USB, keyboard dan game controller/gamepad di aplikasi, serta streaming yang adaptif sesuai dengan standar industri saat ini yang memungkinkan untuk menonton konten media on-demand maupun tayangan live melalui aplikasi secara komplit. Pengembang juga akan dapat memasukkan fungsi "in-app upgrades" dan iklan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, serta menulis fungsi dasar yang memanfaatkan Samsung Smart Interaction™ untuk mengontrol gerakan dan fungsi pengenalan suara.

Komunitas pengembang Samsung terus tumbuh dan saat ini memiliki lebih dari 2.000 anggota aktif. Untuk informasi lebih lanjut tentang komunitas pengembang, silakan mengunjungi www.samsungdforum.com.


Samsung kenalkan Super OLED TV

Sedangkan disisi hardware, Samsung Electronics lewat pameran CES 2012 di Las Vegas, Amerika Serikat, meluncurkan OLED TV terbesar di dunia. Super OLED TV 55-inci ini diproduksi dari panel kaca tunggal dan menggunakan teknologi Samsung Super OLED untuk kualitas gambar yang terbaik. Model ini akan mulai produksi masal mulai tahun ini melalui lini fabrikasi generasi ke-8 yang sama sekali baru dan dibuat khusus oleh Samsung untuk OLED manufaktur.

Teknologi Super OLED menghilangkan kebutuhan untuk filter warna sebagai unit piksel OLED yang terdiri dari sub-pixel RGB yang masing-masing memancarkan cahaya sendiri. Teknologi ini juga mampu membedakan berbagai tingkatan warna hitam dan bayangan, sehingga pengguna dapat menikmati detil yang tak tertandingi bahkan dalam adegan yang sangat gelap sekalipun.

Samsung Super OLED TV menawarkan waktu respon lebih dari 1.000 kali lebih cepat dibandingkan LED TV, yang hampir menghilangkan blur bahkan dalam adegan yang paling penuh aksi. Samsung Super OLED TV dilengkapi dengan chipset dual core baru dari Samsung, yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan serta pengalaman browsing web yang halus. Samsung AllShare Play menawarkan cara sempurna bagi pengguna untuk mengakses, mengelola dan berbagi konten melalui penyimpanan cloud dan mengakses konten yang didukung melalui smartphone, tablet, kamera, komputer atau TV dari Samsung dimanapun berada.


Selain Super OLED TV, Samsung hari ini di pameran CES 2012 juga meluncurkan inovasi baru dalam seri TV LED dan Plasma terbaru, diantaranya Samsung TV seri LED ES8000 dan Plasma E8000, bersama dengan seri LED ES6800 dan ES7500 yang akan mengubah cara konsumen mengelola pengalaman hiburan di rumah mereka, berinteraksi dengan Smart TV mereka dan perangkat lainnya serta akses jangkauan yang paling luas pada konten.

Semua Smart TV terbaru Samsung ini akan memiliki fitur baru yang mencakup:
  • Smart Interaction - Menjalankan dan menggunakan aplikasi lebih mudah melalui kontrol gerak (Motion Control), kontrol suara (Voice Control) dan pengenalan wajah (Face Recognition).
  • Smart Content - Berbagi foto, kenangan dan memo dengan keluarga dari TV melalui cloud ke perangkat cerdas, mengelola kesehatan Anda sendiri langsung dari TV, dan akses konten pendidikan untuk anak-anak. Untuk hiburan yang lebih luas dari film, acara TV dan video streaming dapat dinikmati melalui Samsung Apps, dan Samsung Media Hub.
  • Samsung Smart Hub baru menawarkan fungsi multi-tasking yang sebenarnya. Anda bisa surfing web disaat menggunakan atau mengunduh beberapa aplikasi secara bersamaan.
  • Smart Evolution - Platform Samsung Smart TV di tahun 2012 akan memungkinkan konsumen untuk menikmati pengalaman baru sebagai kelahiran baru dari platform ini setiap tahun dengan teknologi smart terbaru, hanya dengan menginstal kit.


"Dalam era hiburan cerdas, konsumen mengubah cara mereka ingin dihibur dan bagaimana mereka memilih untuk mengakses konten ini," kata Kim Hyun-suk, executive vice president, Visual Display Business di Samsung Electronics. "Samsung adalah mendefinisikan ulang apa yang bisa dilakukan oleh TV sehingga orang dapat menggunakan cara-cara lebih intuitif untuk mengontrol pengalaman hiburan mereka, mempertahankan kontak dekat dengan orang yang penting bagi mereka, dan mengelola dan berbagi konten di beberapa layar dengan mudah."

Anda bisa menyaksikan sendiri kecanggihan produk Samsung Smart TV di tahun 2012 lewat tayangan video dibawah ini:


.

2 komentar:

Wawan mengatakan...

Makin inovatif aja perkembangan Smart TV akhir-akhir ini. Tapi kira-kira bakalan ada konten lokalnya enggak ya kayak kaskus, detik dll?

Ryo Jin mengatakan...

Silahkan lihat di Samsung Apps untuk aplikasi dan konten.

Poskan Komentar