Minggu, 02 Oktober 2011

Samsung dan PBB luncurkan platform jejaring sosial untuk kesadaran lingkungan


Setiap hari, kita melihat makin banyak berita yang membahas tentang lingkungan - dari kutub utara yang mencair hingga hilangnya lapisan ozon di beberapa wilayah seakan ingin membangunkan inisiatif global untuk meningkatkan kesadaran konservasi dan perlindungan lingkungan. Sementara itu, di bidang teknologi salah satu yang menjadi tren terbesar sekarang ini adalah pertumbuhan jejaring sosial. Orang-orang menjadi semakin terhubung dengan satu sama lain, berbagi ide dan pendapat melalui ponsel, tablet PC, netbook atau desktop PC.

Jadi apa yang terjadi ketika Anda menghubungkan faktor "lingkungan" dan "jejaring sosial" ini bersama-sama?


Anda akan mendapatkan “Tunza Eco-Generation,” sebuah platform jejaring sosial berbasis lingkungan baru, yang mana fitur terbesar dari situs ini adalah bahwa platform ini didedikasikan untuk anak-anak dan generasi muda. Situs web dari platform ini adalah hasil dari kolaborasi bertahun-tahun antara Samsung Engineering Co, Ltd dan Program Lingkungan PBB (UNEP/United Nations Environment Programme). Kata "Tunza" dalam bahasa Kiswahili (bahasa sub-regional Afrika Timur) berarti "mengobati dengan hati-hati atau dengan kasih sayang."

Sebagai bagian dari inisiatif Samsung Engineering untuk meningkatkan kesadaran tentang lingkungan untuk anak-anak dan remaja di seluruh dunia, Samsung Engineering bermitra dengan UNEP pada tahun 2006 dan meluncurkan program Eco-generation ini, yang menghubungkan anak-anak dari seluruh dunia. Dan pada bulan September tahun lalu, sebuah situs web Tunza Eco-Generation dengan desain baru telah diluncurkan selama berlangsungnya konferensi Tunza International Children and Youth, yang diselenggarakan di Bandung, Indonesia. Situs web ini menyediakan sebuah platform interaktif untuk generasi muda dari berbagai belahan dunia untuk berbagi pemikiran dan bertukar pikiran pada inisiatif untuk membantu melestarikan dan melindungi lingkungan mereka.

Pada saat konferensi, Samsung dan UNEP juga menandatangani kesepakatan untuk membantu mempromosikan kesadaran lingkungan di kalangan anak-anak dan pemuda dan mendorong partisipasi mereka dalam isu-isu lingkungan. Anak-anak di seluruh dunia juga bisa datang bersama-sama di forum ini untuk terhubung dan secara aktif terlibat antar satu sama lain dengan menciptakan dan mengunggah cerita mereka sendiri dan foto tentang lingkungan, dan berpartisipasi dalam forum regional dan ruang chat online. Di situs web sudah ada beberapa posting dari teman-teman muda Eco-Generation, yang membahas apa yang telah mereka pelajari selama konferensi di Bandung.

Situs ini juga memiliki banyak fitur informatif seperti animasi flash dan diagram untuk membantu anak-anak memahami lingkungan yang lebih baik dan menggunakan sumber daya alam untuk tugas mereka, laporan dan percobaan sains di sekolah. Samsung Engineering bertanggung jawab penuh untuk mengelola dan memelihara situs ini, sementara UNEP mengatur administrasi dari program dan acara Tunza. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang program Tunza dari UNEP disini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar