Jumat, 09 Desember 2011

Samsung Wave 3 pertahankan tradisi bada sebagai platform hemat daya


Sebelumnya lewat serangkaian pengujian yang detil situs GSMArena telah menobatkan Samsung Wave (model: GT-S8500) sebagai smartphone paling hemat daya. Kini setelah beberapa waktu berselang, smartphone andalan bada yang baru - Samsung Wave 3 (model: GT-S8600) - berhasil mempertahankan tradisi bahwa bada memang platform smartphone yang hemat daya.

Dilengkapi dengan layar lebih besar 4-inci WVGA Super AMOLED, CPU Qualcomm MSM8255 (Scorpion) 1.4GHz dan baterai standar 1500 mAh, Anda mungkin akan mengharapkan Wave 3 tidak akan menjadi lebih baik dari seri Wave sebelumnya atau rata-rata smartphone yang ada di pasaran. Namun berdasarkan pengujian GSMArena, sepertinya perkiraan itu telah meleset.

Kejutan dimulai dengan tes pertama. Menurut Samsung, Wave 3 bisa bertahan hidup selama sekitar 8 jam dan 40 menit untuk waktu bicara dalam jaringan 3G. Namun keajaiban muncul dalam pengujian unit perangkat Wave 3 oleh GSMArena karena bisa bertahan hidup selama 11 jam dan 7 menit waktu digunakan untuk berbicara lewat telepon melalui jaringan UMTS setelah sebelumnya baterai telah dilakukan pengisian secara penuh.


Browsing web biasanya juga menjadi fitur "pembunuh" untuk layar AMOLED, dikarenakan halaman web yang didominasi warna putih yang cenderung sangat berat pada layar AMOLED yang tidak banyak membutuhkan daya jika didominasi warna hitam. Sebagai contoh, Galaxy Note mungkin akan menduduki puncak daftar perangkat paling hemat daya jika bukan karena daya tahan baterainya yang drop saat dipakai untuk browsing. Namun Wave 3 berhasil menampilkan sebuah kinerja yang cukup baik di sini, berada di peringkat rata-rata dari semua smartphone yang diuji dengan daya tahan selama 5 jam dan 34 menit.

Wave 3 memang kalah dari HTC Radar yang sangat mengesankan untuk browsing, tetapi lebih dari satu setengah kali lebih baik daripada Galaxy Note. Perlu diingat bahwa HTC Radar yang berjalan pada platform Windows Phone 7 memiliki layar LCD dengan dimensi lebih kecil dari Wave 3 dan kapasitas baterai yang sedikit lebih besar, demikian juga Galaxy Note yang walaupun didukung baterai dengan kapasitas 2500 mAh tetap saja boros. Untuk tes browsing ini, GSMArena menggunakan script otomatis yang mereload halaman setiap sepuluh detik, serta menggunakan jaringan Wi-Fi. Kecerahan tiap ponsel diatur dalam posisi 50%


Tes ketiga adalah pemutaran video berkualitas SD (Standard Definition) karena tidak semua ponsel mendukung video HD (High Definition) seperti pada Samsung Wave 3. Menjalankan platform bada 2.0 yang dikenal unggul di sisi multimedia, Wave 3 berhasil melewati tes ini sesuai harapan. Dengan tingkat kecerahan layar yang diatur dalam posisi 50%, Wave 3 mampu bertahan selama 7 jam dan 52 menit untuk memutar video secara terus menerus.


Akhirnya untuk tes terakhir sekaligus yang paling penting adalah penggunaan secara keseluruhan. Samsung Wave 3 memiliki daya tahan waktu stand by yang cukup efisien, yang dikombinasikan dengan performa yang besar dalam tugas-tugas yang berbeda sehingga memungkinkan untuk mendapatkan rating daya tahan 44h. Rating ini berarti bahwa jika Anda menggunakan smartphone selama satu jam browsing, pemutaran video dan panggilan 3G setiap hari, Anda harus mengisi ulang baterai setiap 44 jam atau bisa bertahan lebih dari 2 hari untuk pemakaian normal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar