Kamis, 08 Desember 2011

Samsung Electronics pisahkan operasional unit bisnisnya demi Apple?


Samsung Electronics tampaknya akan memilih untuk struktur manajemen dengan kepemimpinan ganda di bawah Chairman Lee Kun-hee di akhir tahun setelah memutuskan untuk mempromosikan mantan Presiden dari Samsung Device Solutions Kwon Oh-hyun untuk menjadi Vice Chairman setelah reshuffle terbaru dari jajaran eksekutif pada hari Rabu (7/11) kemarin. Di bawah sistem baru, Vice Chairman Choi Gee-sung akan menjadi kepala divisi bisnis barang jadi (finished goods business) sedangkan Vice Chairman Kwon Oh-hyun yang baru dipromosikan akan mengambil alih bagian bisnis komponen (parts business) dari Samsung.

Samsung telah mengisyaratkan pada ide pemisahan bisnis produk barang jadi dan bisnis komponen sejak awal Juli tahun ini ketika membentuk sebuah Divisi Device Solutions baru untuk mengawasi bisnis semikonduktor dan bisnis LCD miliknya. Kwon diangkat menjadi kepala unit yang baru dibentuk ini.

Sebenarnya eksperimen pertama Samsung dengan pemisahan dari operasi bisnis barang jadi dan bisnis komponen telah dimulai jauh lebih awal pada tahun 2009. Untuk sekitar satu tahun, Samsung Elctronics dipimpin oleh dua pemimpin, yaitu Vice Chairman Lee Yoon-woo yang mengambil kendali bisnis komponen sementara Choi Gee-sung, yang sebelumnya menjadi CEO, bertanggung jawab di produk barang jadi. Setelah setahun, Choi sekali lagi diberi kendali penuh untuk menjalankan operasi perusahaan, baik untuk bisnis barang jadi dan bisnis komponen dimana struktur manajemen ini kemudian bertahan terus hingga bulan Juni tahun ini.


Dorongan utama untuk pemisahan dua unit usaha sebagian besar didorong oleh keluhan dari klien inti Samsung seperti Apple, Sony, HP, dan Dell. "Spesialisasi ganda Samsung baik dalam bisnis komponen dan bisnis barang jadi telah meningkatkan kekhawatiran di antara klien IT global yang melakukan pembelian untuk komponen buatan Samsung, karena mereka percaya akan kemungkinan kebocoran informasi yang lebih besar," jelas seorang pejabat tinggi dari Samsung Electronics.

Apple adalah salah satu klien Samsung terbesar dan juga menjadi pesaing terbesar pada waktu yang sama. Apel selama ini selalu membeli komponen perangkat mobile mereka dari Samsung termasuk DRAM, memori NAND flash, chip prosesor dan MLCC. Namun dilain pihak, Apple bersaing dengan Samsung di pasar elektronik, khususnya untuk produk smartphone dan tablet PC. Apple telah secara konsisten mengungkapkan kekhawatiran atas kemungkinan kebocoran informasi. Jika informasi pembelian komponen Apple diungkapkan kepada departemen di Samsung Mobile, TV atau PC, akibatnya akan fatal bagi Apple dalam hal berkompetisi dengan Samsung dalam pasar mobile.

Konflik kepentingan bahkan menjadi lebih serius karena Samsung Electronics kini muncul sebagai produsen produk barang jadi elektronik yang terkuat di pasaran. Samsung Electronics telah mengambil posisi teratas di pasar global selama enam tahun berturut-turut (termasuk di tahun 2011). Samsung adalah salah satu penjual perangkat mobile teratas di pasar global. Samsung Electronics untuk bisnis PC dan peralatan rumah tangga juga tumbuh dengan cepat meskipun masih relatif tertinggal jika dibandingkan dengan bisnis TV dan perangkat mobile seperti ponsel dan tablet.

"Pengambilan keputusan dan pertemuan bisnis pada bisnis semikonduktor sepenuhnya ditangani oleh Vice Chairman Kwon," kata seorang pejabat Samsung Semiconductor, menyiratkan bahwa Vice Chairman Choi hampir pasti akan keluar dari bisnis semikonduktor. "Meskipun Samsung Electronics tidak membagi bisnisnya ke dalam komponen dan barang jadi, memang akan terlihat seperti dua perusahaan yang terpisah dengan satu mengurus bisnis komponen dan yang lainnya akan mengambil alih operasional dari pembuatan barang jadi," tambah pejabat itu.

Sistem manajemen kepemimpinan ganda dari Samsung Electronics kemungkinan diambil untuk mempercepat pengambilan keputusan, diproyeksikan oleh banyak ahli yang ada di dalam dan luar perusahaan. Selain itu, sistem ini dipandang akan efektif untuk meningkatkan efek sinergi dalam kerjasama antar afiliasi manufaktur komponen di Samsung Elektronics, termasuk Samsung Mobile Display (SMD) dan Samsung LED.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar