Kamis, 01 Desember 2011

Majesty: The Fantasy Kingdom Sim, Kemenangan dan kemuliaan Sang Raja baru


Majesty: The Fantasy Kingdom Sim pertama kali dirilis pada tahun 2000 untuk PC dan Mac, dan banyak menerima pujian karena memiliki genre yang unik. Game ini menampilkan semua hal yang diharapkan para penggemar game bergenre RTS (Real Time Stategi) seperti mendirikan bangunan, mengumpulkan sumber daya, melatih prajurit, ksatria maupun penyihir serta masih banyak lagi. Dan yang menggembirakan, porting ke smartphone bada tidak menghilangkan hampir semua sisi unik dari game ini yang ada di versi PC walaupun telah disesuaikan untuk perangkat berlayar sentuh.


Cerita dasarnya walaupun sederhana namun menawan. Anda adalah seorang raja baru yang bertugas untuk memecahkan masalah yang disebabkan oleh raja sebelumnya yang kini sudah wafat. Wilayah kerajaan Anda kini telah dipenuhi goblin, mayat hidup dan berbagai monster. Sementara disisi lain pejabat dan rakyat kurang begitu percaya akan kualitas kepemimpinan Anda karena latar belakang genetik Anda dengan penguasa sebelumnya. Alih-alih menerima perintah langsung dari Anda mengenai tugas tertentu, mereka lebih memilih untuk bertindak sendiri-sendiri dan harus disuap dan dibujuk agar menuruti perintah Anda. Plot seperti ini akan terasa cukup kuat untuk memberikan motivasi bagi Anda untuk segera melanjutkan permainan.


Jadi apa yang akan dilakukan oleh seorang raja tanpa pengikut setia? Menghabiskan uang, tentu saja. Nah disinilah gameplay dari Majesty: The Fantasy Kingdom Sim akan meluncur selanjutnya. Setiap level dimulai dengan istana Anda dan beberapa koin emas yang diperlukan untuk membayar buat pendirian bangunan. Anda bisa mendirikan berbagai bangunan seperti Warrior guild, Wizard guild, dan Marketplace, dan kemudian membangun berbagai jenis unit, seperti Warrior dan Wizard (penyihir). Karena penyebab sebelumnya, Anda tidak mendapatkan kontrol langsung terhadap unit-unit ini, tetapi Anda dapat mempengaruhi tindakan mereka dengan menawarkan imbalan agar mereka mau menjelajahi bagian-bagian tertentu dari peta, atau melawan monster atau bangunan tertentu. Untuk menyelesaikan tiap level Anda harus melakukan strategi yang tepat dalam mendirikan tiap bangunan dan unit untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Dan yang terpenting, Anda harus bisa membelanjakan uang Anda secara bijaksana untuk membangun pertahanan yang tepat bagi kerajaan Anda agar tidak bangkrut atau dikuasai oleh monster.


Walaupun pihak Herocraft selaku pengembangnya telah bekerja secara luar biasa untuk memporting game yang awalnya untuk PC agar bisa dimainkan di perangkat touchscreen ini, namun ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, seperti misalnya posisi bangunan yang kadang menyulitkan untuk bisa melepaskan sihir dengan tepat dan desain grafis yang terkesan agak kuno.


Namun begitu, ada terlalu banyak kelebihan yang akan membuat Anda melupakan semua kekurangan itu, seperti user interface yang sederhana dan user friendly dan tentu saja gameplay itu sendiri yang akan membuat Anda sejenak lupa waktu ketika memainkannya. Sebagai sebuah game strategi, memang tidak terlalu dibutuhkan visualisasi grafis yang sangat menonjol karena bukan disitulah letak kesenangan bermain game jenis ini. Dan Majesty: The Fantasy Kingdom Sim memang telah diakui sebagai salah satu game RTS terbaik sepanjang masa, bukan hanya untuk PC, tapi juga perangkat mobile. Anda bisa mendapatkannya sekarang juga di Samsung Apps.


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar