Selasa, 18 Oktober 2011

Platform bada tidak diciptakan dalam sehari


Bada 1.2 saat ini dan versi terbaru, bada 2.0, memiliki sejarah panjang sejak sekitar tahun 2000. Tentu saja, 10 tahun lalu, pasar smartphone tidak berkembang seperti yang Anda lihat sekarang. Smartphone mulai mendapatkan momentum sejak beberapa tahun yang lalu saja, sedangkan platform bada telah ada dan terus berkembang selama lebih dari 10 tahun.

Platform bada berjalan pada SHP (Samsung Handset Platform), yang sebelumnya berasal dari MOCHA (Modular & Configurable Handset S/W Architecture). MOCHA dikembangkan oleh Laboratorium Software Samsung Electronics yang memandang jauh ke depan untuk pertumbuhan masa depan segmen software. Laboratorium ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah platform yang mudah untuk direplikasi yang dapat dengan mudah menjalankan multi-tasking.

Berdasarkan pada platform ini, ponsel 3G pertama dengan fitur video (SGH-Z100) kemudian dirilis ke pasar Eropa. Setelah peluncurannya yang sukses, platform MOCHA digantikan oleh SHP, versi pengembangan lebih lanjut dari MOCHA, yang sekarang diterapkan pada banyak ponsel 3G. Setiap tahun, 50 sampai 60 juta handset yang menjalankan platform SHP telah dikirim keluar dari total 200 juta volume produksi tahunan oleh Samsung.

Platform SHP telah diklaim sebagai bagian yang sangat penting dari Divisi Bisnis Mobiel Samsung Electronics selama lebih dari 10 tahun dan platform ini kemudian ditingkatkan lagi pada tahun 2010 untuk mengikuti kepopuleran dari era smartphone. Platform generasi baru ini berisi fitur seperti multipoint-touch, grafis 3D dan User Interface (UI) yang telah ditingkatkan diantara fitur-fitur lainnya. Sebuah lapisan middleware, yang disebut OSP (Open Service Platform), ditambahkan ke platform ini yang kemudian akan berganti nama menjadi bada, di mana Anda bisa mengembangkan berbagai aplikasi atau mengunduh berbagai aplikasi dari toko aplikasi Samsung.


Dan upgrade terbaru bada 2.0 akan datang Oktober ini. Anda akan menikmati pengalaman UI baru yang telah ditingkatkan dan berbagai fitur yang telah banyak disempurnakan. Jadi, apakah Anda siap untuk terkejut?


Artikel asli ditulis oleh Jeong Jin-hong (정진홍) untuk Samsung Tomorrow


2 komentar:

Anonim mengatakan...

update bada 2.0 untuk low-end handset seperti Wave S5333 kapan ya untuk indonesia?

Anonim mengatakan...

hey samsung,..are you releasing bada 2.0 for wave 1 & wave 2 in OCTOBER 2012..watching your condtion m not sure you will be able to release it before 2013

Posting Komentar