Minggu, 04 September 2011

Tanya-Jawab seputar bada 2.0, ekosistem bada dan Wave Family


Samsung baru-baru ini telah meluncurkan platform bada terbaru versi 2.0 beserta beberapa deretan smartphone Wave baru di pameran dagang elektronik IFA 2011 di Berlin, Jerman. Untuk mengetahui seputar platform bada 2.0 beserta ekosistem yang telah dikembangkan sejauh ini serta pandangan Samsung terhadap perangkat seri Wave Family, berikut tanya jawab dengan Pengembang Samsung:

T: Fitur baru apa saja yang diperkenalkan di bada 2.0?

J: Untuk mengembangkan platform bada 2.0, Samsung Electronics telah menganalisa berbagai umpan balik (feedback) yang diberikan oleh konsumen dan pengembang aplikasi di versi sebelumnya. Platform bada 2.0 yang baru disempurnakan menyediakan berbagai fitur baru yang memungkinkan pengguna smartphone bada untuk benar-benar menghargai kecerdasan smartphone mereka. Selain itu, bada 2.0 memungkinkan pengembang aplikasi pihak ketiga untuk sepenuhnya memanfaatkan berbagai fungsi bada serta mengembangkan aplikasi yang mereka ingin mewujudkan.

Bada 2.0 sekarang menyediakan kegunaan yang lebih maju melalui Multi-tasking tanpa batas, Pengenalan suara (Voice recognition) dan Kerangka UI (UI Framework) yang telah ditingkatkan. Selain itu, fungsi komunikasi termasuk NFC, WiFi-Direct, Push Notification dan fungsi multimedia seperti 3D Sound akan memungkinkan bada untuk mendukung berbagai aplikasi yang lebih baik. Pengembangan aplikasi web juga didukung melalui HTML5 dan JavaScript API yang baru ditambahkan. Tool Pengembangan, yang paling penting untuk pengembang aplikasi, juga ditingkatkan untuk produktivitas dan kegunaan yang lebih baik.


T: Saat ini berapa banyak aplikasi bada yang ada? Apa tren ekspansinya?

J: Samsung telah meningkatkan toko aplikasi "Samsung Apps" dan ketersediaan penuh telah diperluas ke 121 negara di seluruh dunia. Dengan bada 2.0, fungsi yang ditawarkan oleh Samsung Apps akan lebih terdiferensiasi, termasuk opsi pembelian baru dan rekomendasi aplikasi. Samsung Apps telah terbukti menjadi tujuan kesuksesan sejak peluncuran Samsung Wave pertama pada bulan Juni 2010. Samsung Apps telah menerima 10 juta pengunduhan aplikasi hanya dalam waktu 3 bulan dan melewati tonggak 100 juta pengunduhan pada bulan Maret 2011. Toko aplikasi saat ini memiliki sekitar 40.000 aplikasi termasuk 15.000 aplikasi yang tersedia untuk smartphone bada.

T: Tindakan apa saja yang telah dilakukan oleh Samsung saat ini untuk mendukung pengembang bada?

J: Samsung bada menyediakan dukungan teknis untuk pengembangan aplikasi bada. Samsung telah membentuk jaringan evangelist bada secara global termasuk di negara-negara seperti Korea, Inggris, AS, India, China, Polandia dan Ukraina untuk memberikan program dukungan terbaik kepada pengembang baik secara online maupun tatap muka di samping kelas pengembangan aplikasi bada melalui kerjasama dengan berbagai universitas dan lembaga pendidikan. Selain itu, Samsung masih memiliki acara "bada Developer Day" untuk bertemu dengan pengembang bada di seluruh dunia. Pada tahun 2010, bada Developer Day telah diselenggarakan 40 kali yang berlangsung di 38 negara berbeda. Untuk mempromosikan peluncuran platform bada 2.0 dan pengumuman smartphone terbaru, Bada Developer Day 2011 Global Tour saat ini sudah direncanakan.

Samsung telah membuka situs bada Developer (developer.bada.com) yang menyediakan dukungan teknis secara penuh untuk pengembang bada. Pengembang dapat mengunduh tool pengembangan terbaru dan membahas masalah teknis di Forum Bada di situs ini. Selain itu, Samsung membuka situs Samsung Application Store Seller (http://seller.samsungapps.com) yang menyediakan pengembang berbagai jenis dukungan penjualan.


T: Berapa persentase dari keuntungan penjualan aplikasi akan masuk ke kantong pengembang?

J: 70% dari pendapatan yang dihasilkan oleh aplikasi akan diberikan ke pengembang. 30% sisanya akan digunakan untuk biaya operasional, dibagi untuk operator dan biaya penagihan pada platform aplikasi Samsung.

T: Apa jenis insentif yang ditawarkan oleh Samsung kepada pengembang?

J: Ada dua manfaat utama untuk terlibat dengan bada. Pertama adalah jumlah smartphone yang tersedia yang menjadi target dari pengembang aplikasi. Posisi terdepan Samsung di pasar ponsel layar sentuh dan fakta bahwa bada telah telah dimaksimalkan untuk bekerja pada perangkat berlayar sentuh secara penuh membuktikan bahwa jumlah perangkat dimana akan menjadi target pengembang untuk dibuatkan aplikasi akan terus tumbuh. Kedua, Samsung memiliki API yang sederhana dan mudah digunakan berdasarkan C++ untuk pengembang. Terakhir, user interface yang sederhana dan fungsional dari bada memberikan kesempatan yang ideal untuk pengembang.



T: Apa target pasar dari Wave Family * yang berbasis platform bada?

J: Target pengguna smartphone telah bergeser dari pengadopsi dini untuk sebagian besar pemilik ponsel. Bagi mereka yang belum akrab dengan smartphone, platform bada memiliki kompatibilitas kegunaan dan kemudahan yang hampir sama dengan ponsel yang ada dan memiliki berbagai fungsi dan kinerja yang lebih baik seperti ponsel Samsung lainnya. Jadi Samsung menciptakan deretan smartphone Wave dengan tujuan menawarkan pengalaman "Smartphone Pertama Saya." Seri smartphone Wave menawarkan sesuatu untuk semua orang, dan sangat terjangkau, jadi Samsung berharap hal-hal besar untuk perangkat ini.

* Wave Family: Samsung Wave 525, Wave 533, Wave 575 dan  Wave 723

T: Bagaimana distribusi penjualan smartphone berbasis bada di seluruh dunia? Di negara-negara mana smartphone ini mendapatkan popularitas?

J: Bada sangat populer di seluruh Eropa termasuk Prancis, Jerman, Italia, dan Polandia serta di negara-negara Asia termasuk India, China dan Rusia juga menunjukkan popularitas yang tinggi. Bada tidak spesifik untuk daerah tertentu, tetapi ditujukan untuk pasar global. Karena harganya yang sangat kompetitif, smartphone bada sangat populer di negara-negara yang menunjukkan kepekaan tentang harga atau memiliki kecenderungan konsumsi yang masuk akal.

T: Apakah ada rencana Samsung untuk mendukung smartphone 4G untuk platform bada di tahun 2011?

J: Samsung tidak memiliki rencana untuk mendukung smartphone 4G yang berbasis platform Bada untuk tahun ini. Pada tahun 2011, Samsung akan lebih berkonsentrasi pada memperkenalkan ponsel pintar Bada ke pasar baru.

T: Apa strategi Samsung untuk pasar di negara berkembang (Afrika dan Timur Tengah)? Kecenderungan apa yang Anda lihat?

J: Sebuah pertumbuhan eksponensial di smartphone mid-range diharapkan akan terjadi di pasar berkembang. Dengan memanfaatkan citra merek premium di pasar smartphone, Samsung akan memperluas portofolio smartphone dari segmen high ke mid-low. Seperti yang Anda lihat dari berita online baru-baru ini, Samsung juga akan memperkenalkan smartphone mid-range berbasis bada di akhir tahun ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar