Rabu, 04 Mei 2011

Canalys: Penjualan Smartphone bada di Q1 2011 Mengalahkan Total Penjualan Windows Phone


Analis industri teknologi Canalys hari ini merilis data perkembangan terbaru dari pasar smartphone di seluruh dunia untuk Q1 2011. Lewat laporannya Canalys menegaskan bahwa Asia Pasifik (APAC) menjadi kawasan terbesar untuk pasar smartphone, dengan pertumbuhan per-tahun mencapai 98% hingga sekarang menjadi 37,3 juta unit. Hasil ini menempatkan APAC menjadi yang terdepan jika dibandingkan dengan Eropa, Timur Tengah dan Afrika (EMEA) untuk pertama kalinya sejak Q3 2007. Pada tingkatan negara, Cina, Korea Selatan dan India mengalami lonjakan volume paling kuat dengan pertumbuhan yang terdaftar mencapai besaran tiga digit.

Secara keseluruhan, pengapalan smartphone di seluruh dunia tumbuh 83% menjadi 101,0 juta unit. Pada tingkat platform, dominasi lanjutan dari Android didorong oleh kinerja yang baik dari sejumlah vendor kunci seperti Samsung, HTC, LG, Motorola dan Sony Ericsson. Android kini menjadi satu-satunya platform alternatif yang masih menguntungkan bagi vendor smartphone yang tidak memiliki OS sendiri.

“Pengiriman handset Android dari HTC, Samsung, LG, Motorola dan Sony Ericsson melaju pada kuartal pertama, dengan setiap vendor mengirimkan lebih dari 3 juta perangkat," kata Cunningham. “Samsung juga mengiirimkan hampir 3,5 juta smartphone berbasis sistem operasi bada, mengalahkan total pengiriman perangkat Windows Phone dengan selisih lebih dari satu juta unit."

“Pengembangan dari sistem operasi milik Samsung sendiri, dikombinasikan dengan branding dan investasi di smartphone Wave dengan harga mid-tier, telah menyebabkan serapan yang baik di pasar negara maju, seperti Prancis, Inggris dan Jerman," lanjut Cunningham. "Pencapaian ini menunjukkan bahwa masih ada ruang untuk sistem operasi, dan bahwa vendor bisa mendapatkan keuntungan dari mempertahankan kontrol untuk pengembangan perangkat untuk memukul pasar yang tepat dengan poin harga yang tepat juga."

Sebelumnya walaupun baru diluncurkan pertama kali pada pertengahan 2010 dengan penjualan yang tidak merata, smartphone bada berhasil terjual sebanyak 5 juta unit selama 2010, atau setara dengan penjualan smartphone Symbian^3 yang sudah punya nama lebih dulu. Sementara Windows Phone yang didukung oleh banyak vendor seperti halnya Android selama 2010 hanya terjual 2 juta unit seperti yang diklaim oleh pihak Microsoft. Tetapi analis Rusia Eldar Murtazin menyebutkan kalau selama 2010 Windows Phone hanya terjual sebanyak 674 ribu unit saja karena sisanya tidak sampai ke tangan pengguna dan hanya menghuni gudang operator/distributor saja.

Canalys juga menyebutkan bahwa Nokia, Apple, RIM, Samsung dan HTC adalah lima besar vendor smartphone dunia, sama seperti posisi saat Q4 2010 yang lalu. Apple terus meningkatkan penetrasi pasar nya, yang kini mencapai 19%. Sedangkan RIM turun di Q1, setelah tiadanya model Blackberry baru dan vendor terfokus pada peluncuran tablet PlayBook. Setelah menyalip Motorola, LG kini berada di tempat keenam, dengan seri smartphone Android Optimus nya yang terjual cukup baik di hampir semua wilayah.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar