Senin, 24 Januari 2011

SK Telecom luncurkan Samsung Wave II untuk bersaing dengan Android di Korea


SK Telecom, operator seluler terbesar di Korea, akan meluncurkan Samsung Wave II  yang berjalan pada sistem operasi mobile milik Samsung, di Korea pada awal pekan ini. Wave II akan menjadi model pertama yang diperkenalkan di pasar lokal yang berjalan pada platform bada yang telah dikembangkan oleh Samsung lebih dari setahun yang lalu.


"SK Telecom akan segera menetapkan tanggal peluncurannya dalam bulan ini dan kemungkinan besar minggu ini," kata seorang pejabat Samsung.

Pejabat Samsung itu juga mengatakan kalau Wave II akan dilengkapi dengan layar 3,7 inci Super Clear LCD, layanan jejaring sosial terpadu lewat "Social Hub" dan sebuah kamera 5 megapiksel yang bisa merekam video HD. Wave II juga akan dipersenjatai prosesor Samsung Hummingbird 1GHz, memori internal 2GB dan RAM 512MB.

Pengguna akan bisa mengunduh aplikasi mobile melalui "Samsung Apps," yang berisi aplikasi yang dikembangkan untuk platform bada. Samsung juga berencana untuk menyediakan layanan aplikasi bada lokal hanya untuk konsumen Korea.

"Kami benar-benar telah mempersiapkan peluncuran Wave II di Korea, mengingat Wave II telah dirilis di Eropa," kata seorang pejabat Samsung.

Samsung Wave versi sebelumnya telah dirilis di pasar Eropa - termasuk Prancis dan Jerman - untuk pertama kalinya pada bulan Mei tahun lalu dan versi kedua atau Wave II ini juga telah dirilis pada bulan November.

Peluncuran handset yang berjalan di platform bada di Korea oleh pembuat handset terbesar kedua di dunia ini dinilai sebagai langkah persiapan untuk segera mengambil alih pasar yang lebih besar untuk smartphone mid-range.

Shin Jong-Kyun, presiden kelompok bisnis mobile dari Samsung telah mengumumkan rencana untuk menjual 10 juta unit ponsel bada hingga akhir Juni tahun ini. Ia juga mengatakan kalau ponsel bada diharapkan untuk membuat kontribusi yang besar bagi keseluruhan penjualan smartphone Samsung tahun ini.

Raksasa elektronik global ini telah berencana untuk meningkatkan hingga dua kali lipat penjualan smartphone tahunan pada tahun 2011 menjadi lebih dari 50 juta unit dengan rencana untuk meluncurkan tablet dan ponsel baru mulai dari kelas yang berharga tinggi sampai rendah.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh peneliti pasar Strategy Analytics mendukung keputusan Samsung ini dengan mengklaim bahwa pasar global untuk model mid-range antara $100 dan $200 pada tahun 2014 diperkirakan akan melonjak hingga $28 miliar atau 68 persen dari pasar ponsel secara keseluruhan, yang sebelumnya hanya  $7 miliar di tahun 2010.

Wave II diharapkan untuk bersaing dengan smartphone mid-range lainnya yang berjalan pada platform Google Android mobile dilayani oleh tiga operator  telekomunikasi lainnya di Korea. Beberapa smartphone Android yang baru-baru ini diluncurkan di Korea adalah Optimus One dari LG Electronics dan Pantech Mirach. Samsung akan berusaha menggerogoti pasar Android dari bawah keatas dengan handset yang memiliki spesifikasi hardware dan kelengkapan fitur yang lebih baik dari pesaingnya, kalau perlu mereka juga akan bersaing dengan produk Android buatan mereka sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar