Laman

Selasa, 07 Desember 2010

Samsung Wave gunakan headset jack 3.5mm untuk TV Out


Kita telah melihat smartphone Android terbaru seperti HTC Evo 4G atau Motorola DROID X memiliki fitur video out dengan menggunakan koneksi USB dan HDMI, tapi Samsung S8500 Wave menawarkan fitur ini dengan menggunakan headset jack 3.5mm yang lebih universal. Kenapa saya bilang universal karena port 3.5mm digunakan di hampir semua TV/monitor dibanding dengan USB maupun HDMI yang hanya dimiliki TV/Monitor tertentu dan HDTV yang berharga mahal.

Untuk fitur TV Out pada Samsung Wave ini, kita bisa memilih tipe dari saluran TV yang digunakan (PAL atau NTSC). Yang kita butuhkan cuma kabel yang sesuai, dengan colokan jack 3.5mm ke port AV standar di televisi. Kabel seperti ini banyak tersedia di pasaran dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Yang paling menarik adalah implementasinya di dunia nyata. Fitur TV Out ini akan menampilkan semua yang tertampil di layar ponsel ke layar TV/Monitor secara real time, termasuk home screen, browsing web, game, dan aplikasi bada lainnya. Jadi bila kita merasa layar Wave terlalu kecil untuk menonton video, browsing web atau bermain game, colokkan saja kabel TV out ini ke port AV dari TV/Monitor dirumah dan rasakan sensasi menonton film atau video YouTube dilayar lebar atau bisa juga menjadikan Wave sebagai stick pengontrol bermain game layaknya PS2/PS3.

Sebelumnya ponsel seperti HTC EVO 4G dan Motorola Milestone XT untuk fitur video out hanya terbatas pada aplikasi Galeri dan YouTube (itupun kadang bisa kadang tidak). Bagi pengguna ponsel Symbian dari Nokia dan Samsung sebelumnya tentu bukanlah hal yang baru, dan kini Samsung menghadirkannya untuk bada.

Selain menghadirkan TV out melalui kabel 3.5mm, kita juga bisa berbagi video melalui WiFi dengan DLNA yang disajikan oleh Samsung Wave lewat opsi pilihan di All Share. Satu-satunya keterbatasan dari solusi ini adalah TV kita harus mendukung DLNA, yang sebagian besar terbatas pada perangkat HDTV, home theatre maupun Sony PS3. Bila TV kita tidak mendukung DLNA, kita bisa membeli modem DLNA dipasaran. Tapi setidaknya opsi DLNA ini lebih canggih dari port HDMI karena berlangsung secara wireless dan dilengkapi dengan remote pengontrol jarak jauh.



.

2 komentar:

NoƩ mengatakan...

dear ryo jin,

saya sudah coba pasangkan kabel 3.5mm ke port AV di samsung tv saya. kok masih tidak bisa ya? padahal untuk setting source di tv sudah saya pilih av. tv out sudah saya ganti2 dari pal ke ntsc juga masih belum bisa. apakah ada setting2 lain yang harus diaktifkan? mohon dibantu.

terima kasih

Ryo mengatakan...

1. Pilih "PAL" pada setting TV-out.
2. Hubungkan plug RCA (semuanya) dari kabel video out (saya menggunakan Nokia CA-75U) ke colokan video input di TV (AV1)
2. Saat kabel terhubung, di ponsel akan muncul opsi pilihan "Headphone" atau "Mobile TV", pilih Mobile TV.

Kalau mau kualitas yang lebih bagus bisa menggunakan fitur All Share (via Wi-Fi).

Posting Komentar