Jumat, 17 Desember 2010

Game Pool telah diunduh secara rutin 5000 kali per hari dari Samsung Apps


Walaupun platform smartphone bada belum mendapatkan banyak perhatian di tengah gegap gempita Android saat ini, namun itu tidak berarti para pengembang game tidak mengalami kesuksesan dengan aplikasi buatannya. Ekosistem bada tetap dipandang lebih sehat dibanding Android, dimana pembajakan merajalela sehingga ujung-ujungnya pasti akan merugikan pengembang sendiri.

Pengembang asal Inggris, Mobile Pie, baru-baru ini mengungkapkan kesuksesannya dengan game buatannya di toko aplikasi Samsung Apps. Mereka sebelumnya telah merilis sebuah game bilyard, yang diberi nama Pool dua minggu yang lalu. Dan dengan bangga mereka menyatakan bahwa game buatannya ini telah diunduh lebih dari 53.000 kali selama periode itu, dengan tingkat stabil sekitar 5.000 unduhan setiap hari.

Tentu saja sebagai sebuah game gratis, memang belum ada keuntungan yang mereka dapatkan selain kebanggaan dan nama yang kini melambung. Mobile Pie mengatakan bahwa mereka sengaja memilih model bisnis gratis untuk membangun audiens bada mereka, sehingga mereka nantinya dapat menggunakannya untuk mempromosikan game berikutnya untuk platform ini. Sebuah langkah yang cerdas menurut saya.
"Kami merencanakan beberapa update dan akan mendukung game Pool selama unduhan tetap kuat," kata direktur kreatif Mobile Pie, Will Luton. "Rencananya kami akan memasukkan iklan dan kemudian menggunakannya untuk mendorong orang menuju rilis yang akan datang dari kami."

Ya, mulai tahun depan para pengembang telah diijinkan untuk menaruh iklan pada aplikasi mereka yang dijual lewat samsung Apps. Langkah ini tentunya akan semakin menggairahkan para pengembang untuk membuat aplikasi untuk bada karena mereka tentunya akan mendapatkan sumber pendapatan baru selain dari penjualan iklan. Dan bagi pengguna smartphone bada tentunya akan dimanjakan dengan aplikasi yang lebih banyak di tahun depan, yang pastinya sebagian besar akan gratis. Para pengembang akan berusaha menarik banyak pengunduh untuk aplikasi buatan mereka agar nilai aplikasi mereka semakin tinggi dimata para pemasang iklan. Dan jalan satu-satunya agar aplikasi mereka bisa diunduh oleh banyak orang adalah dengan menggratiskannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar