Rabu, 29 Desember 2010

Dungeon Hunter, Bertualang Membasmi Kejahatan Demi Tanggung Jawab di Masa Lalu


Dungeon Hunter adalah persembahan dari Gameloft di genre RPG hack-n-slash. Dalam Dungeon Hunter, kita berperan sebagai seorang pangeran yang dengan sendirian berusaha membawa kembali kejahatan dari kerajaannyanya ke tempatnya semula. Semuanya berawal ketika ia mencoba untuk menghidupkan kembali istrinya yang sudah meninggal. Dalam proses kebangkitan ini, istrinya telah membunuh pangeran itu. Karena kemudian pangeran ini dianggap bertanggung jawab atas segala kejahatan yang merajalela di kerajaannya, dia kemudian dibangkitkan untuk membersihkan semua kejahatan yang terjadi. Sebagai pangeran, kita akan bermain sebagai salah satu dari tiga kelas berikut: Knight, Rogue, atau Mage. Setiap kelas karakter memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri, seperti Knight memiliki kekuatan pertahanan diri yang kuat karena memakai armor (baju besi) yang berat, sedangkan Mage mungkin tidak sekuat Knight dalam bertahan, tapi dia memiliki kemampuan untuk membuat perisai energi pelindung di sekitarnya serta kekuatan magic yang besar untuk menyerang lawan.

Dalam perjalanan di game ini, kita akan bertemu berbagai orang yang akan memberi kita petunjuk utama dan petunjuk sampingan untuk melakukan sesuatu. Beberapa petunjuk utama ini akan berpengaruh besar pada kemajuan cerita utama dari Dungeon Hunter. Sementara petunjuk sampingan hanya akan menjadi satu atau dua misi kecil untuk membantu beberapa orang yang membutuhkan bantuan kita untuk membasmi monster yang ada diwilayah mereka. Jadi walaupun petunjuk ini nantinya hanya mengarah ke suatu misi kecil, hendaknya kita ambil juga untuk meningkatkan level dari karakter yang kita mainkan, semakin tinggi level kita tentu akan sangat membantu dalam pertempuran melawan bos utama dari musuh kita.


Kontrol pada layar cukup sederhana dan ditempatkan dengan baik, jadi jari-jari kita tidak perlu berlarian kesana kemari untuk mengakses perintah yang sesuai. Selain virtual joystick yang cukup nyaman, Dungeon Hunter juga mengandalkan 3 tombol aksi virtual yang cukup sederhana: Attack, Special Attack, dan Fairy Magic. Kita akan memiliki tiga special attack pada saat kita dalam permainan dan dapat ditukarkan dengan special attack lainnya melalui sistem menu dari karakter yang kita mainkan. Kita juga dapat melengkapi fairy magic yang berbeda melalui sistem menu yang sama. Fairy magic dan efek yang ditimbulkannya bervariasi tergantung pada fairy yang telah kita lengkapi (fire magic, earth magic, air magic, dll). Fairy ini juga bisa meningkatkan pertahanan sesuai dengan elemen yang mereka gunakan.

Sistem menu pada karakter menunjukkan statistik karakter kita, inventory, abilities, fairies, dan quest log (daftar petunjuk yang kita terima). Tab statistik memberi informasi tentang pertahanan karakter yang kita mainkan, damage (kerusakan), energy, dan berbagai item menarik lainnya. Inventory menunjukkan weapon (senjata) dan armor (baju besi) dari karakter kita hasil dari memungut di sepanjang perjalanan. Tab abilities (kemampuan) menunjukkan seluruh kemampuan yang dapat di-upgrade untuk karakter kita, baik pasif dan non-pasif. Dan akhirnya quest log yang menampilkan petunjuk apa yang sedang kita kerjakan dan deskripsi singkat mengenai apa yang seharusnya kita lakukan.


Salah satu cara untuk menaikkan level karakter kita pada Dungeon Hunter adalah dengan membunuh musuh sebanyak-banyaknya serta upgrade weapon dan armor. Ketika level karakter kita naik, kita bisa membuka menu pada karakter untuk meng-upgrade stats dan abilities. Weapon dan Armor dapat ditemukan berserakan di seluruh perjalanan melalui berbagai tempat seperti misalnya musuh menjatuhkan senjata mereka setelah kita kalahkan atau dari berbagai chest dan barrel yang ditempatkan di setiap peta. Barang-barang ini juga tersedia di berbagai kota di kerajaan, tapi barang dagangan mereka biasanya kurang begitu bagus. Ada cukup banyak weapon dan armor yang akan kita temukan, dan ada sebuah tombol "transmute" yang tersedia pada tab weapon untuk mengubah weapon atau armor biasa menjadi berlapiskan emas. Fitur ini akan sangat berguna ketika kita menemukan senjata yang sangat bagus, tapi kita tidak memiliki cukup ruang untuk persediaan.


Dari segi grafis, Dungeon Hunter adalah salah satu game dengan kualitas yang terbaik saat ini. Model dari karakter kita dan musuhnya terlihat besar dan memiliki tingkat detail yang cukup tinggi untuk sebuah platform mobile. Efek suara juga sangat brilian, seperti pada setiap spell (mantra), attack (serangan), dan musuh. Tiap suara telah terdefinisi masing-masing secara unik. Jika kita memutuskan untuk memutar musik sendiri saat bermain Dungeon Hunters, informasi lagu akan muncul di sudut kanan atas layar, sehingga kita juga dapat mengubah trek dengan cepat.

Selama petualangan, kita akan mengunjungi sejumlah lokasi yang berbeda. Setiap lokasi memiliki pemandangan, situasi dan musuh yang unik. Menu map atau peta pada game berperan sebagai pusat terhubung dimana kita dapat menuju suatu titik pada lokasi melalui kemampuan teleportasi.


Dungeon Hunter adalah salah satu judul game RPG yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Game ini akan membuat kita terhibur selama berjam-jam dengan gameplay yang menarik untuk terus diikuti, grafis yang menakjubkan serta efek suara yang brilian. Seperti biasa, Anda bisa mengunduh aplikasi ini lewat Samsung Apps di ponsel Anda atau via Samsung Kies. Berikut ini video previewnya dari kanal YouTube bada Indonesia:


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar