Kamis, 09 Desember 2010

Duel Racing Game: Asphalt 5 vs Need For Speed Shift


Saat ini kesuksesan suatu platform mobile banyak dipengaruhi dari jumlah aplikasi yang tersedia. Trend yang dimulai oleh Apple lewat App Store ini bisa dicapai dengan dukungan para pengembang aplikasi di dalamnya. Dibandingkan dengan pengguna ponsel, para pengembang aplikasi ini berpandangan lebih jauh kedepan.

Dari beberapa survey yang ada, aplikasi bertema game lebih banyak diminati dibanding yang lain. Aplikasi game ini pembuatannya lebih rumit, sehingga cenderung hanya pengembang besar yang sukses disini. Dan salah satu tema game yang paling diminati adalah racing, selain karena bisa mendatangkan sisi adiktif, juga tidak perlu terlalu banyak berpikir seperti pada jenis RPG. Di antara semua game racing yang saya pantau dan menarik untuk dimainkan pada perangkat mobile adalah Asphalt 5 dan Need For Speed Shift (NFS Shift) buatan dua pengembang besar, Gameloft dan Electronic Arts.

Mobil yang ditampilkan di kedua game ini dapat dikendalikan oleh perangkat dengan sensor accelerometer serta adanya perspektif pandangan yang berbeda (misalnya dari dalam mobil, diatas mobil, dll). Selain dari itu, kedua game ini memiliki banyak perbedaan.

Asphalt 5

Asphalt 5 adalah game racing terbaru buatan Gameloft di mana lewat permainan ini kita dapat menyetir mobil dan juga sepeda motor (dengan asumsi setelah kita mencapai tingkatan tertentu dalam game). Asphalt 5 memiliki grafis yang sangat mengesankan dan rendering 3D yang halus serta gameplay cepat yang bisa memacu adrenalin.


Kelebihan dari game Asphalt 5 adalah seperti yang dijelaskan dibawah ini:
  • Banyaknya mode balap yang berbeda
  • Banyaknya kemungkinan untuk melakukan tune-up pada mobil kita (unlocked sesuai tahapan yang kita capai)
  • Banyaknya jenis mobil yang berbeda (dan bahkan ada juga sepeda motor)
  • Pendamping cewek yang berbeda (unlocked sesuai tahapan yang kita capai, gadis-gadis ini bisa memberikan bonus tambahan hingga 15%)
  • Adanya jalan pintas diluar jalur (pada trek balapan tertentu akan memungkinkan kita untuk melompat dari gedung)
  • Banyaknya item yang bisa dikoleksi pada tiap jalur balapan (seperti nitro)

Kekurangan dari Asphalt adalah bahwa mobil yang kita kendarai agak sulit untuk dikontrol pada awalnya. Mobil ini seakan berlari terlalu cepat jika dibandingkan dengan banyaknya tikungan ditiap trek, membuat kita hampir selalu terlambat untuk bereaksi (dan bahkan lebih sulit lagi dikendalikan jika menggunakan nitro). Jadi pada awalnya, kita akan dipaksa untuk terus-menerus mengalami benturan, kecelakaan dari tikungan satu ke yang lain.

Tapi seiring dengan bertambahnya pengalaman, kita akan lebih bisa untuk mengontrol kendaraan, kapan harus memanfaatkan nitro agar tidak jadi bumerang.



Need For Speed Shift

Mirip dengan Asphalt, di NFS Shift kita harus membangun karier secara bertahap, mendapatkan uang dan membuka (unlock) mobil-mobil baru dan juga trek/tour baru. Di game ini kita akan mendapatkan mode balap yang berbeda serta grafis yang sama-sama mengesankan.



Ada beberapa kelebihan di NFS ini:
  • Menurut pendapat saya, pengalaman berkendara di NFS Shift jauh lebih halus dan realistis dibanding pada Asphalt 5. Kita sebenarnya bisa berpacu dengan sangat cepat, tetapi disini lebih menantang keahlian kita (dan akan lebih menantang lagi seiring peningkatan level/track baru). Kita tidak selalu akan mengalami benturan atau kecelakaan walaupun pertama kali bermain game ini.
  • Kontrol mobil tampaknya sedikit lebih baik dan lebih maju. Misalnya, bila kita miringkan handset dengan tajam ke arah manapun maka akan membuat mobil kita melakukan drift. Sebuah efek yang sangat keren.
  • Detil fisik dari balapan ini tampaknya lebih realistis
  • Menu dan kemajuan "karir kita" terasa lebih intuitif
  • Mobil-mobil yang ditampilkan pada NFS Shift tampak lebih keren
  • Semua kemungkinan untuk tuning mobil milik kita tidak dikunci, tetapi semuanya tergantung pada uang tunai yang kita punya. Jadi lebih menantang dengan kemungkinan pilihan dan perencanaan ke depan yang lebih matang.

NFS Shift adalah game yang sangat adiktif. Kita seakan-akan terus tertantang untuk segera naik ke level berikutnya dan membuka deretan mobil keren berikutnya. Semakin lama lama memainkan game ini akan semakin menyenangkan, dan lupa untuk berhenti... Jadi berhati-hatilah sebelum menjadi kecanduan berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar