Rabu, 08 Desember 2010

Caligo Chaser, Menyelamatkan Kota Emporion dari Kekuasaan Kegelapan


Pengembang Game asal Korea - Com2Us - memiliki berbagai judul game berkualitas, diantaranya Homerun Battle 3D dan Caligo Chaser adalah judul game terbaru mereka untuk ditambahkan ke katalog dari toko aplikasi Samsung Apps. Caligo Chaser mengambil jalan cerita di kota Emporion dan kita akan berperan sebagai ksatria muda yang bernama Zack. Zack diserahi tugas untuk menyelamatkan kota Emporion dari kekuatan-kekuatan gelap yang sering mengganggu ketentraman di kota. Zack memulai petualangannya sebagai ksatria pemula yang miskin kemampuan bertarung, tapi seiring dengan perjalanannya untuk misi menumpas kejahatan, Zack akan terus belajar menemukan teknik-teknik baru yang membuatnya semakin lihai dalam bertarung.

Quests yang kita terima akan datang ketika dalam perjalanan pencarian dan terkadang ketika bertarung. Kita akan menemukan berbagai quests ini dari berbagai karakter yang tersebar di sekitar Emporion. Kita dapat berjalan dan berbicara dengan salah satu dari mereka namun hanya karakter tertentu akan memiliki tugas untuk kita pada waktu tertentu. Karakter-karakter ini akan dapat kita temukan dengan mudah karena mereka akan kelihatan lebih terang dalam warna yang berbeda pada peta kota. Kita bisa melakukan percakapan dengan berbagai karakter untuk mengetahui jalan cerita dari game berjenis RPG ini.

Sisi grafis dari game ini cukup dipoles dengan menarik walaupun masih belum sebagus RPG 3D sejenis seperti Dungeon Hunter dari Gameloft. Kita dapat menyesuaikan karakter kita dengan berbagai pakaian yang tidak hanya meningkatkan statistik, tapi juga membuat pemakainya lebih kuat dalam pertempuran. Walaupun begitu kita terkadang akan memilih pakaian yang bagus yang membuat karakter kita terlihat unik tanpa mempedulikan efeknya. Selain pakaian, kita juga dapat memperbarui statistik (stat), keberuntungan (luck), kekuatan (strength), ketangkasan (dexterity) dan intelektualitas (intellect) setiap kali kita naik level. Saya yakin ada beberapa orang mungkin ingin memfokuskan pada satu bidang lebih dari yang lain walaupun saya lebih menyukai untuk menjaga keseimbangan di semua statistik karena itu akan bekerja lebih baik bagi saya.

Kontrol yang digunakan cukup sederhana, baik untuk navigasi dari karakter kita maupun dalam pertempuran. Virtual D-pad yang cukup besar di sebelah kiri layar untuk mengontrol gerakan karakter kita. Tidak ada gerakan diagonal yang tersedia yang agak membatasi pilihan gerakan terutama pada urutan di pertempuran. Tapi secara umum virtual D-pad ini cukup responsif. Di sebelah kanan layar ada dua tombol action yang akan muncul bervariasi tergantung pada situasi kita. Tombol ini juga dapat diakses dan responsif sehingga kita tidak akan kesulitan menerapkan apa yang kita inginkan dalam panasnya pertempuran.

Senjata standar yang kita gunakan selama petualangan adalah sebuah pedang, namun dalam perjalanan kita akan segera menemukan bahwa kita juga dapat melengkapi diri dengan semacam sarung tangan (gauntlet) yang bisa mengeluarkan kekuatan sihir. Tapi segala sesuatu ada resiko dan sisi positifnya dalam menggunakan sarung tangan ini. Untuk menggunakan sarung tangan ini, kita harus menahan tombol action kedua dan mengisinya hingga penuh. Selama waktu tersebut, karakter kita akan sangat rentan terhadap serangan sehingga diusahakan untuk terus menghindar dari serangan dan sejauh mungkin dari jangkauan musuh. Oleh karena itu kita harus menggunakan teknik ini secara bijak meskipun efeknya dapat menjadi senjata yang sangat merusak.

Selain metode dua standar serangan yang umum digunakan, juga ada "ability" yang dapat digunakan dalam pertempuran. Kita bisa mengakses ability ini dengan memilih 5 tombol akses cepat yang muncul di bagian bawah layar. Namun saya jarang sekali menggunakan ability ini karena lebih berkonsentrasi menggunakan pedang dan penggunaan tombol berulang untuk membangun serangan combo yang akhirnya memiliki efek menghancurkan yang cukup dahsyat. Cara ini memang tidak terlalu cerdas tetapi efektif dan dapat menghabisi beberapa musuh pada waktu yang sama.

Sementara fokus game ini lebih kepada berburu dan menghabisi musuh dalam pertempuran, kita juga bisa mengumpulkan banyak item yang dapat kita gunakan di sepanjang perjalanan. Semua item yang tersedia melalui inventory kita dapat dengan mudah diakses melalui menu navigasi. Menjelajahi menu ini kadang terasa agak rumit, karena kita membutuhkan penggunaan D-pad dan tombol action untuk navigasi dan memilih opsi yang diinginkan. Tetapi dengan begitu banyak opsi pilihan, saya menemukan cara ini lebih akurat untuk menentukan pilihan saya daripada harus menggunakan sentuhan pada layar.

Kota Emporion dan berbagai lokasi lainnya digambarkan dengan sangat baik tetapi lama kelamaan menjadi sedikit membosankan karena kurangnya animasi yang muncul. Musik dan efek suara bekerja dengan baik dalam permainan, dan bisa meningkatkan suasana dalam permainan tapi masih belum bisa meningkatkan ketegangan yang berarti.


Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Caligo Chaser, namun semuanya cenderung sama dan sedikit berulang. Meskipun begitu, game ini akan memaksa kita untuk duduk berjam-jam menyelesaikan misi yang diberikan sambil menikmati serunya membuat serangan combo untuk membunuh musuh. Apalagi game ini adalah gratis, jadi tunggu apa lagi, bagi yang sudah punya Samsung Wave segera unduh game ini melalui Samsung Apps sebelum tidak gratis lagi.


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar